Begini Upaya Pemkab Bandung Barat Tekan Volume Sampah

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, tengah mengangkut sampah. Foto: Istimewa

Bosscha.id– Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat terus berupaya menekan angka pengurangan sampah dari sumbernya yang diangkut Unit Pelayanan Teknis pada Dinas Lingkungan Hidup KBB ke Tempat Pembuang Sampah (TPS) Sarimukti . Program pengurangan sampah dari sumbernya digalakan agar sampah-sampah di setiap daerah bisa berkurang.

“Cukup banyak program yang sudah berjalan. Melalui Badan Miliki Desa (Bumdes) misalnya, setiap sampah yang dihasilkan itu bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Nurjaman, Kepala UPT Kebersihan KBB, saat ditemui di kantornya, Senin (3/2/2020).

Nurjaman menyebutkan, jumlah sampah per hari yang dihasilkan di KBB mencapai 150 ton. Menurutnya, dengan adanya program pengurangan sampah dari sumbernya, jumlah sampah di KBB diharapakan bisa berkurang.

Bosscha.id

“Harapannya sampah bisa berkurang 10 sampai 25 persen. Karena setelah berkurang, itu juga akan mempengaruhi pembayaran Kompensasi Jasa Pelayanan (KJP), lantaran dihitung ritase,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nurjaman menambahkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan bidang persampahan dan sejumlah desa agar program pengurangan sampah di KBB bisa berjalan maksimal.

Baca Juga:   Polda Jawa Barat Siapkan 120 titik Penyekatan Terkait Larangan Mudik

“Di UPT, kami bekerja sebagai pelaksana teknisi yang menerima distribusi sampai ke TPA. Sehingga kami menunggu arahan saja nanti di bidang terkait,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password