Fakta-fakta Menarik Tentang Kota Wuhan, yang Jadi Penyebar Utama Virus Corona

Dibalik isolasi kota Wuhan, beberapa destinasi wisata patut dikunjungi di kota Wuhan (Bosscha.id)

Bosscha.id –  Belakangan ini, dunia seakan dibuat heboh dengan kemunculan wabah Virus Corona yang muncul di Kota Wuhan, China. Wabah mengerikan ini membuat banyak orang semakin waspada. Virus yang menjangkit sistem paru-paru itu muncul sejak bulan Desember 2019.

Dikenal dengan nama 2019-nCoV, virus ini berasal dari salah satu pasar di Wuhan yang menjual satwa liar secara ilegal. Menurut para ilmuwan, virus corona telah menyebar ke manusia dari ular atau kelelawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat di sana.

Hingga saat ini belum ada obat atau vaksin untuk bisa menanggulangi wabah virus corona ini. Virus ini tidak hanya ditularkan hewan ke manusia saja, namun juga menyebar dari manusia ke manusia juga.

Berbicara tentang Wuhan, ternyata kota ini banyak menyimpan fakta-fakta menarik yang mungkin Anda belum tahu. Berikut ini Boccha.id telah merangkum fakta-fakta menarik tentang kotaWuhan yang berhasil didapat dari berbagai sumber, berikut fakta-fakta tentang Kota Wuhan, kota asal virus ini mewabah.

Kota Yang Mempunyai Destinasi Wisata Dengan Arsitektur Yang Megah

Kota Wuhan ternyata kaya akan destinasi wisata dengan arsitekturnya yang megah dan juga menarik. Beberapa destinasi wisata yang kerap banyak disambangi para wisatawan, diantaranya adalah Yellow Crane Tower, Guiyuan Temple, Mulan Mountain, hingga Wuhan Yangtze River Bridge. Terlebih, jika kita berkunjung ke Wuhan pada saat musim semi dan gugur. Kita bisa berkesempatan menyaksikan indahnya pemandangan pagoda-pagoda dengan bunga-bunga plum yang tampak indah saat dilihat dari di kejauhan.

Salah Satu Kota Kuno di China

Selain menjadi pusat ekonomi dan bisnis di China, Wuhan juga dikenal sebagai kota budaya yang kaya akan sejarah. Sebagai pusat budaya di Provinsi Hubei, Kota Wuhan merupakan tempat lahirnya Budaya Chu kuno. Bahkan di Wuhan juga terdapat salah satu opera paling tua dan terpopuler di China, yaitu Opera Han. Di kota ini juga terdapat Kuil Guiyuan, yang telah berusia 350 tahun, yang ada sejak zaman Dinasti Qing. Selain Kuil Guiyuan, di sana juga ada Museum Provinsi Hubei yang banyak menyimpan koleksi benda-benda bersejarah. Museum ini menjadi salah satu tempat terbaik di China.

Baca Juga:   Presiden Disuntik Vaksin, Pasar Saham Bergerak Positif

Kota Dengan Jumlah Perguruan Tinggi Unggulan Terbanyak

Wuhan juga dikenal sebagai kota dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak di dunia. Kota ini setidaknya memiliki 53 perguruan tinggi unggulan dengan pendidikan terbaik. Salah satu perguruan tinggi yang cukup populer adalah Wuhan University. Tak heran, jika banyak siswa dari berbagai belahan dunia yang rela menempuh pendidikan ke beberapa perguruan tinggi di Kota Wuhan ini.

Kota Padat Penduduk

Wuhan adalah kota yang paling padat penduduknya di China. Kota ini adalah ibu kota Provinsi Hubei yang terletak di China tengah. Melansir dari laman tradecommissioner.gc.ca, pada tahun 2015 Kota Wuhan berpenduduk sekitar 10,6 juta jiwa.

Jumlah populasi yang fantastis tersebut tersebar di tiga kota termasuk Wuhan, yaitu Hankou, Hanyang, dan Wuchang. Ketiga kota tersebut terbagi antara Sungai Yangtze dan Sungai Han yang merupakan dua sungai terbesar di Wuhan.

Kota Yang Mempunyai Pasar Hewan Liar

Pasar Huanan saat ini disebut-sebut sebagai sumber utama, tempat menyebarnya virus corona. Para ahli pun mengklaim, pasar ini merupakan sumber dari wabah virus corona. Virus tersebut kemudian menular dari hewan liar yang banayak dijual di sana, seperti kelelawar, buaya, katak, ular, bahkan tikus.

Namun, saat pertama kali wabah virus ini menyebar pada Desember 2019, pasar itu langsung ditutup dan berada di bawah pengawasan pemerintah setempat. Kultur masyarakat China, bahwa mengonsumsi hewan liar itu dianggap mewah karena harganya yang terbilang mahal.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password