1 Hari Lagi, WhatsApp Tak Bisa Dipakai di Jutaan Ponsel Ini

(Foto: The Verge)

Bosscha.id– Pengguna ponsel jangan kaget bila smartphone kamu tiba-tiba tak bisa menggunakan WhatsApp. Pasalnya, mulai 1 Februari 2020, WhatsApp akan menghentikan dukungan pada sejumlah ponsel lawas.

Mulai 1 Februari 2020, WhatsApp tidak bisa lagi digunakan ponsel yang menjalankan sistem operasi Android versi 2.3.7 (Gingerbrand) dan sistem operasi iOS 8.

“Karena kami tak lagi secara aktif mengembangkan layanan pada sistem operasi ini, beberapa fitur mungkin setop beroperasi sewaktu-waktu,” ujar Facebook melalui laman WhatsApp, seperti dilansir Kamis (30/1/2020).

Pengguna kedua sistem operasi ini nantinya tidak bisa melakukan verifikasi pada akun eksisting dan tidak bisa lagi membuat akun baru. Jadi pilihannya adalah upgrade sistem operasi atau beli ponsel baru.

“Kami tidak memiliki opsi untuk mentransfer riwayat (history) chat ke platform lain. Namun, Kami menyediakan opsi untuk mengekspor percakapan dalam email attachment,” jelas Facebook.

Facebook sendiri menyarankan pengguna untuk update sistem operasi ke Android versi 4.0.3 (Ice Cream Sandwich) dan ke atas, iOS 9 dan beberapa pengguna KaiOS 2.5.1 ke atas termasuk JioPhone 2.

Beberapa ponsel memang bisa mengupgrade sistem operasinya, namun bagi pengguna iPhone, iPhone 3G, iPhone 3G S, dan iPhone 4 tidak akan bisa lagi menikmati WhatsApp sebab Apple sudah berhenti mengirimkan pembaruan iOS. OS tertinggi pada ponsel ini adalah iOS 8.

Baca Juga:   Sejarah 23 September: Lahirnya Negara Arab Saudi dari Tangan Abdul Aziz al Sa’ud

Agar WhatsApp di ponsel tidak tiba-tiba lumpuh, ada baiknya kamu mengecek versi sistem operasi yang digunakan ponselmu.

Caranya cukup mudah. Untuk pengguna Android tinggal pilih Setting (Pengaturan) lalu klik About Phone (Tentang Ponsel). Di sini nanti akan terlihat OS semua informasi mengenai ponsel termasuk sistem operasi (OS) yang digunakan.

Bagi pengguna iPhone tinggal masuk ke General (Umum) kemudian klik About (Mengenai). Pengguna akan disuguhkan semua informasi tentang iPhone termasuk versi iOS yang digunakan.

Bila ingin update sistem operasi pengguna tinggal masuk ke Update Software. Bila ponsel kamu mendapat pembaruan resmi tinggal klik update yang disediakan.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password