Disarpus KBB Ingatkan Desa di Bandung Barat Tertib Arsip, Ini Alasannya

KBB Kekurangan Arsiparis
Bosscha.id

Bosscha.id-Pengelolaan arsip di sejumlah desa di Bandung Barat kini mendapatkan perhatian serius dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Bandung Barat lantaran kurangnya kualitas serta kompetensi SDM di bidang kearsipan. Dengan tidak maksimalnya pengelolaan arsip terkadang menggangu proses perjalanan pemerintahan desa.

“Sekarang malah masih ada desa yang tidak memiliki pengelola arsip. Oleh karena itu, ke depan kita ingin penataan arsip desa lebih terib sesuai dengan aturan,” kata Sekretaris Disarpus KBB, Rahadian Setiady, Selasa (28/1/2020).

Rahadian mengatakan, dengan dana desa yang mencapai jumlah miliaran, sehingga pemerintahan desa sudah harus tertib dalam sistem pengelolaan arsip. Apalagi, persoalan kearsipan sangat penting dalam menjalankan pemerintah yang jujur dan bersih.

Menurutnya, hingga kini sosialisasi kearsipan sudah sering disampaikan kepada aparat desa. Termasuk saat ini pihaknya pun akan menambah petugas arsip di lapangan.

“Rencana tahun ini ada penamabahan 32 SDM untuk pembina arsip di desa. Mereka juga akan ditempatkan 2 orang di setiap kecamatan. Harapannya, setelah ada penambahan SDM, itu bisa membantu membina pengelolaan arsip yang efektif,” ungkapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password