Sejarah 24 Januari: Untuk Pertama Kalinya Apple Merilis Macintosh

Poster iklan macintosh generasi 1 yang dipublikasikan Januari 1984 (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Apple dengan Steve Jobs-nya memang dikenal sebagai sebuah perusahaan yang visioner. Berbagai desain produknya selalu membuat orang terkesan saat pertama kali melihatnya hingga akhirnya banyak orang yang jatuh cinta setelahnya.

Salah satunya adalah komputer Macintosh. Macintosh, atau Mac (pertama kali disebut Macintosh XL atau X-Lisa), adalah salah satu jenis komputer personal berbasis Power PC yang diproduksi oleh Apple. Lewat karyanya ini, Steve Jobs menjadi sosok yang merevolusi bentuk komputer pribadi.

Perubahan itu tetap berlangsung hingga kini, setelah 36 tahun komputer Mac diperkenalkan. Desain komputer ini dari tahun ke tahun selalu saja berubah. Pada awal kemunculannya, komputer Mac selalu tampil beda dan menarik perhatian. Tepat hari ini, Macintosh pertama kali dikenalkan kepada publik, tepatnya pada 24 Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang begitu fenomenal pada waktu itu.

Saat pertama dirilis, operating sistem komputer ini diberi nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu yang sepenuhnya menggunakan Graphical User Interface GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain. System 1 hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja dalam 1 waktu, dengan kata lain, System 1 belum mampu melakukan multitasking.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain.

Baca Juga:   Sejarah 24 September: Hari Tani Nasional, Perjuangan Petani Terlepas dari Sistem Feodal

Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem oprasi, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk produk komputer non-Apple.

Produk ini mulai dikembangkan pada 1 Januari 1983. Dari sisi perangkat keras, produk ini disusun atas komputer yang bekerja dengan prosesor 68000, memori berukuran 1 megabyte, dan monitor hitam putih 12 inci. Sebagai tambahan, Mac memiliki dua port floppy disk, keyboard, serta temuan baru bernama “mouse”—komponen yang menjadi kunci penerapan GUI pada komputer.

Dari sisi perangkat lunak, terutama soal GUI, Macintosh lahir dengan menu bar di bagian atas, yang terdiri atas “file”, “edit”, “view”, dan “special”. Jika diklik menggunakan mouse, masing-masing menu akan mengeluarkan submenu yang kemudian berubah menjadi perintah-perintah tertentu yang akan dijalankan komputer.

Selain itu, produk ini juga menghadirkan kemampuan untuk menggerak-gerakkan file hanya dengan menggunakan mouse. GUI milik Apple ini membuat komputer menjadi bersahabat dengan orang awam. Dengan inilah Apple merevolusi dunia komputer.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password