Cara Aman Menggunakan Sepeda Motor Saat Hujan

Selain jarak pandang yang terganggu, banyak faktor yang membahayakan pengendara bermotor ketika berkendara saat hujan (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Saat ini kita sudah masuk pada musim hujan, maka dari itu kita harus berhati-hati, karena waktu dan intensitas hujan yang tidak bisa diprediksi. Terlebih jika Anda adalah orang yang sering beraktivitas di jalan. Anda harus lebih waspada apalagi jika sedang berkendara dalam keadaan hujan.

Terlebih jika Anda adalah orang yang dituntut untuk selalu berkegiatan dengan naik sepeda motor, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat musim hujan datang.Hal ini menjadi penting karena menggunakan sepeda motor saat musim hujan, memiliki risiko bahaya yang lebih tinggi. Salah satunya adalah jalan akan jadi licin saat diguyur hujan. Maka kali ini Bosscha.id akan berbagi tips aman berkendara dengan sepeda motor saat hujan.

Berhentilah di Tempat yang Tepat 

Jika turun hujan saat kita sedang berkendara motor, memilih untuk berhenti di tempat yang memungkinkan saat terjadi hujan adalah cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan. Ada sebagian orang yang memilih untuk berteduh saat hujan turun.

Hal ini perlu diperhatikan, jangan berhenti untuk berteduh di bawah jembatan jalan layang atau tol, karena hal ini sering membuat masalah baru pada pengendara motor dan pengguna jalan lainnya. Dampak dari penumpukan pengendara motor yang berteduh di bawah jembatan jalan layang atau tol, membuat ruas jalan menjadi makin menyempit. 

Selain itu hindari juga berhenti atau berteduh di tempat yang terdapat pepohonan di belakangnya. Hal ini tentu untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, seperti pohon tumbang yang tertiup angin kencang saat hujan deras. Demi keselamatan maka hindari untuk berhenti di tempat tersebut.

Jaga Jarak Dengan di Depan

Jika Anda memutuskan untuk tetap melakukan perjalanan meski kondisi hujan. Hal yang perlu diperhatikan adalah sebuah fakta jalan sudah basah dan licin oleh air hujan. Maka, saat sedang mengendarai motor, kita perlu untuk menjaga jarak dengan pengendara di depan kita.

Karena saat keadaan jalan yang licin akibat hujan, fungsi pengereman, kemampuan respon tangan, jarak pandang akan mengalami penurunan, sehingga untuk menghentikan laju kendaraan, diperlukan jarak aman. Maka untuk menghindari kecelakaan ada baiknya Anda menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda. 

Baca Juga:   Corona Kembali Merebak, Warga KBB Diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

Kurangi Kecepatan

Saat sedang turun hujan, tidak jarang ada juga pengendara motor yang justru makin mempercepat laju motornya, denagn alasan agar cepat sampai ke tempat tujuan. Namun, apakah dengan menambah kecepatan saat hujan turun benar bisa membuat kita lebih cepat sampai?. Tentunya tidak, karena saat huja turun jarak pandang kita pasti berkurang. 

Maka ada baiknya, laju kendaraan motor Anda disesuaikan dengan suasana dan situasi saat itu. Karena proses pengereman mendadak jika kita melihat suatu rintangan, minimal memerlukan waktu 3 detik, Jika jalan dalam kondisi normal. Untuk kondisi hujan, butuh waktu respon yang lebih banyak lagi, tentunya. Karena kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi jika kita tetap memaksa ngebut saat hujan dan memaksa kita untuk melakukan rem mendadak.

Gunakan Lampu Utama

Penggunaan lampu utama saat ada di jalan raya memang menjadi dilema tersendiri bagi pengguna motor, salah satu efeknya adalah membuat aki boros. Apalagi, jika ada ketidaksesuaian alur listrik atau penggunaan aksesori motor lainnya yang memakan banyak daya, maka umur aki akan cepat soak. 

Namun, jika sedang berkendara saat hujan, menyalakan lampu utama ini sangat penting untuk keselamatan berkendara. Selain menambah jarak pandang pengemudi motor untuk menembus gempuran air hujan, fungsi tambahan lainnya adalah pemberitahuan sekaligus membantu pengendara lain agar bisa melihat posisi kita.

Hindari Genangan Air

Jika kita menggunakan motor di lokasi yang sering kita lalui, mungkin kita sudah hapal dimana ada lobang besar atau tempat yang sering ada pasir dan berbatuan. Namun, jika kita berkendara saat hujan di jalan yang jarang kita lewati setiap hari, tentu kita tidak pernah tahu bagaimana situasi jalanan tersebut. Terlebih jika jalan yang jarang kita lalui itu terdapat genangan air.

Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya kita hindari genangan air ketika sedang berkendara saat hujan. Sudah banyak contoh orang-orang yang memaksa menembus jalan malah terperosok ke dalam lubang atau selokan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password