Sejarah 8 Januari: Lahirnya The King Of Rock ‘N’ Roll, Elvis Presley

Karir Elvis meroket pasca debut albumnya dirilis akhir 1950-an (Pinterest)

Bosscha.id –  Elvis Aron Presley, atau lebih populer dipanggil Elvis Presley, adalah seorang penyanyi legendaris asal Amerika Serikat. Elvis Lahir pada 8 Januari 1935, tepat 35 menit setelah kelahiran sudara kembarnya Jesse Garon Presley, di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat. Mereka berdua lahir dari rahim Gladys Love Presley di rumah shotgun yang dibangun oleh sang ayah, Vernon Elvis Presley.

Sejak kecil, Elvis dan keluarganya menghadiri ibadah di Gereja Pantekosta, Assembly of God, tempat dimana Elvis mendapatkan inspirasi bermusiknya. Lalu pada september 1941, dia mulai sekolah di East Tupelo Consolidated, pada saat sekolah ia tergolong sebagai murid yang biasa saja. Namun, guru Elvis kala itu menyuruhnya ikut kontes menyanyi, setelah terkesan dengan penampilan Elvis saat membawakan lagu country Old Shep saat doa pagi.

Kontes menyanyi yang diadakan pada 3 Oktober 1945 di Mississippi-Alabama Fair dan Dairy Show tersebut menjadi penampilan publik pertamanya. Elvis yang kala itu masih berusia 10 tahun berpakaian ala koboi, dan langsung mengambil kursi untuk membantunya menjangkau mikrofon. Di kontes menyanyi tersebut elvis harus puas menempati posisi lima.

Lalu beberapa bulan kemudian, dia mendapat sebuah gitar sebagai hadiah ulang tahunnya. Sesuatu yang tidak diharapkannya. Sebab, saat itu dia berharap bisa memperoleh sepeda atau senapan. Namun, dia akhirnya belajar gitar di bawah bimbingan dua paman dan pendeta di gerejanya.

Sejak September 1946, saat duduk di kelas 6 dia sempat dijuluki loner karena jarang bergaul dengan teman-temannya. Sepanjang istirahat makan siang, dia pasti akan berkutat dengan gitarnya dan beryanyi. Teman-temannya sempat menyebutnya si penyanyi lagu “pedesaan”. Pasalnya pada saat itu, keluarga Presley hidup di lingkungan Afro-Amerika.

Oleh salah satu temannya yang merupakan adik musisi Mississippi Slim, Elvis diajak ke studio radio. Slim memberikan beberapa teknik akor gitar yang kemudian semakin memperkaya kemampuan bermusik Elvis. Pada saat usia 12 tahun, dia pertama kali tampil on-air. Pada penampilan pertamanya itu  Elvis mengalami demam panggung. Namun, kemduian dia berhasil mengatasinya demam panggugnya dan tampil maksimal ketika diundang untuk tampil on air lagi.

Pada tahun 1953, dia sempat menjajal beberapa pekerjaan sembari tetap mempertahankan impiannya menjadi seorang musisi. Dia kemudian merekam demo lagu pertamanya di studio dengan label Sun Records. Si pemilik, Sam Phillips, memutuskan untuk mengorbitkannya. Setelah itu Elvis mulai menggelar tur untuk promo single pertamanya, yang berjudul That’s All Right, yang dirilis pada 1954.

Setahun kemudian, Elvis mulai mendapatkan tempat di hati masyarakat oleh karena musiknya yang tak biasa, serta lenggokan pinggulnya yang “provokatif”, dan tentu karena ketampanannya. Di tahun yang sama, dia menandatangani kontrak dengan RCA Records, kemudian merilis single pertamanya Heartbreak Hotel. Pada tanggal 23 Maret, RCA merilis album pertama Elvis , bertajuk: ELVIS PRESLEY.

Baca Juga:   Benarkah Perkedel dan Kue Cubit Warisan dari Belanda?

Bermula dari sini lah kariernya sebagi musisi semakin melesat. Setelah itu, Elvis mulai ada di mana-mana. radio, televisi, bahkan hingga bioskop. Ya di bioskop, karena selain sebagai penyanyi, Pria yang dijuluki The King Of Rock n Roll ini juga menjadi aktor. Kontrak film pertamanya adalah dengan Paramount Pictures.

Kemudian ia membuat debut di dunia peran dengan dirilisnya film ‘Love Me Tender’ yang dirilis pada 21 November 1956. Seperti aji mumpung, oleh karena popularitas Elvis yang sedang naik, empat film musikal pun kemudian dibuat. Meski panen dengan banyak kritik, namun film-film tersebut laku di pasar. Secara keseluruhan Elvis tampil dalam 31 judul film.

Pada masa kejayaannya, konser-konser Elvis dihadiri banyak penggemarnya (kebanyakan remaja) dalam jumlah yang sangat besar. Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya menjadi simbol bagi musik rock ‘n’ roll dan banyak ditiru penggemarnya. Bahkan 4000 remaja Inggris menasbihkan Elvis sebagai raja trendsetter tata rambut sepanjang zaman.

Hasil penjualan album perdana Elvis meledak menjelang akhir 1950-an dengan hits-hitsnya antara lain All Shook Up, (Let me be your) Teddy Bear dan I Need Your Love Tonight. Meskipun demikian, banyak kritikus malah tidak terkesan dengan karya-karyanya. Selain itu, penampilan Elvis di panggung banyak menuai kritik, karena dianggap sebagai pornografi.

Bulan Desember 1957, Elvis dipanggil untuk ikut tugas militer dengan Angkatan Bersenjata AS. Ia resmi masuk Angkatan Bersenjata pada 24 Maret 1958, kemudian ditugaskan di Jerman, dan dilepastugaskan dengan hormat setelah dua tahun.

Saat kembali dari wajib militer, karir musiknya sempat meredup akibat “diganggu” profesi lainnya sebagai aktor dan hilangnya peranan dia dalam memilih jenis lagu yang ia mainkan. Selain itu, terjadi kebangkitan musik Britania/Inggris (British Invasion; The Beatles, The Rolling Stones, dan lain-lain).

Lalu pada tahun berikutnya, Elvis memulai penampilan live yang laris di berbagai tempat, diawali dari Las Vegas dan berlanjut negara-negara bagian lainnya di Amerika Serikat. Antara tahun 1969 dan 1977, The King of Rock ‘n’ Roll ini tampil dalam 1.000 acara yang tiketnya ludes terjual.

Akibat kecanduan obat-obat dokter seperti obat tidur, kesehatan dan penampilannya mengalami penurunan pada medio tahun 70-an. The King tampil untuk terakhir kalinya dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana tanggal 26 Juni 1977. Dan tragis, pada 16 Agustus 1977, Elvis ditemukan meninggal dunia di rumahnya di Graceland, Memphis akibat serangan jantung.  

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password