Selagi Masih Muda, Ayo Jaga Kesehatan Jantung Dengan Tips Berikut Ini

Pola hidup perkotaan lebih memicu penyakit jantung (Shutterstock)

Bosscha.id– Jantung adalah organ tubuh paling vital yang bekerja tanpa henti. Jantung berperan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup. Oleh sebab itu, kesehatan jantung itu penting untuk dipelihara agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat merusak atau mengganggu fungsinya. Terlebih bagi kalian kaum muda yang perjalanannya masih panjang.

Cara menjaga kesehatan jantung dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti menjalani gaya hidup dan pola makan sehat. Mungkin Anda juga sudah sering mendengar dokter menganjurkan untuk rutin olahraga dan menjaga berat badan ideal. Meskipun penyakit jantung koroner paling banyak terjadi pada kelompok umur 65 tahun ke atas, namun bukan berarti sebagai kaum muda kita lengah menjaga kesehatan. Kali ini Bosscha.id akan berbagai tips bagaimana caranya menjaga kesehatan jantung.

Olahraga Minimal 30 Menit Setiap Hari

Rajin berolahraga tidak hanya dapat membantu dalam mengendalikan berat badan, tapi juga mengurangi risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Agar kondisi organ-organ tubuh tetap sehat, Anda harus rajin melakukan olahraga ringan setidaknya 30 menit sehari, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi. Dengan begitu kesehatan jantung kita akan terjaga dengan baik.

Konsumsi Lebih Banyak Serat

Menu makanan yang kaya akan serat dapat menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL) yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Serat bisa kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran, gandum, kacang, dan sereal. Penuhilah kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari. Perlu diperhatikan bahwa konsumsi makanan berserat harus dilakukan secara bertahap. Sebaiknya jangan makan sayuran dalam jumlah banyak sekaligus, karena dapat mengakibatkan perut kembung. Saat mengonsumsi serat, ada baiknya minumlah lebih banyak air putih, hal ini berguna untuk melancarkan pencernaan.

Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi pada tubuh, tidak hanya dapat membuat Anda terkena penyakit diabetes, namun juga membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung. Hal ini karena gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung serta pembuluh darah.
Beberapa upaya untuk mengurangi risiko diabetes adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan mengurangi asupan gula, terlebih lagi minuman kemasan yang mengandung kadar gula tinggi. Selain itu, periksakan kadar gula darah secara rutin, terutama jika usia Anda di atas 45 tahun.

Istirahat Yang Cukup

Kurangnya waktu istirahat atau kurang tidur tidak hanya membuat menguap sepanjang hari tapi juga membahayakan kesehatan. Pasalnya orang yang kurang tidur dapat memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes dan depresi. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh sampai delapan jam tidur setiap malam. Salah satu tanda cukup tidur adalah ketika Anda terbangun tanpa dibantu alarm dan merasakan tubuh yang segar saat terbangun.

Konsumsi Ikan Secara Teratur

Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ikan adalah salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.
Anda dapat memilih ikan sarden, tuna, atau salmon. Konsumsilah ikan jenis ini dua kali seminggu secara teratur untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3.

Jauhi Rokok

Orang yang memiliki kebiasaan merokok, punya risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung koroner. Tidak hanya perokok sendiri, orang-orang di sekitarnya yang menghirup asap rokok (perokok pasif) juga lebih berisiko mengalami penyakit tersebut. Hal ini karena zat beracun pada rokok dapat merusak pembuluh darah jantung, sehingga lama kelamaan aliran darah pada jantung menjadi terganggu. Akibatnya, fungsi jantung juga akan terganggu karena kekurangan oksigen dan nutrisi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password