Merawat Kaset Pita Agar Kondisinya Tetap Baik, Ini Tipsnya

Tren koleksi kaset pita kembali mencuat di Indonesia (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Beberapa tahun terakhir ini, peminat kaset pita kembali booming lagi. Banyak band atau musisi pun kembali menelurkan karyanya lewat rilisan fisik. Beberapa pengamat budaya bilang kalau kaset, piringan hitam, dan rekaman fisik lainnya mulai diminati oleh generasi muda saat ini. Mereka yang belum sempat mengalami fase kejayaan rilisan fisik berupa kaset pita ini mulai penasaran dengan benda-benda tersebut. Alih-alih sudah bosan dengan yang rilisan digital, para generasi muda mulai beralih, dengan menjadi kolektor rilisan fisik.

Jika kamu sedang atau memang sudah mulai mengoleksi kaset, maka tahap berikutnya adalah kamu harus tahu bagaimana cara merawatnya. Kenapa hal ini jadi begitu penting?, karena media dan sumber dari musik yang kita dengar itu berasal dari pita yang bergulung. Bahannya sendiri adalah film plastik polyester yang diselimuti oleh unsur magnetis. Selain itu, debu pun mudah menempel, bahkan yang lebih parah lagi pita tersebut bisa berjamur. Untuk menghindari semua masalah itu, kali ini Bosscha.id akan berbagi tips tentang bagaimana cara menjaga dan merawat kualitas pita kaset agar tetap baik.

Jauhkan Kaset Dari Suhu Panas

Hal ini jadi sangat penting, demi menjaga keawetan dari kaset kaleksimu. Oleh karena dominasi bahan kaset yang serba plastik. Jadi jangan biarkan kaset terkena panas, pita kaset yang berbahan plastik pasti akan memuai. Pita kaset mempunyai bentuk yang sekaligus menjadi fondasi supaya posisi head di pemutar audio kaset bisa membacanya dengan presisi. Dengan begitu, lagu akan terdengar secara normal. Jika sudah melar karena terkena panas, posisi pita otomatis akan berubah. Dan head tidak dapat membaca pita pada posisi yang tepat. Alhasil, lagu atau rekaman suara di kaset akan terdengar meliuk-liuk. Tentu kamu tidak mau kan koleksi kaset band atau musisi favoritmu jadi tidak enak didegar.

Rajin Memutar Kaset

Hal ini berguna untuk menghindari jamur yang bersarang pada pita kaset, usahakan memutar kaset satu side saja (minimal sebulan sekali). Tujuannya selain menghindarkan jamur yang akan memenuhi pita kaset, hal ini juga bergunan agar pita kaset tidak cepat lengket atau kusut. Umumnya pita kaset yang kusut terjadi pada pita kaset berdurasi 90 menit (C90 minutes). Dengan rajin memutar kaset, maka resiko datangnya jamur pada pita kaset pun akan terminimalisir.

Baca Juga:   Agar Tak Mudah Stress, Jaga Kesehatan Mental Dengan 4 Cara Berikut

Bersihkan Pita Menggunakan Rewinder

Cara membersihkan pita yang sederhana, kita bisa memanfaatkan fungsi rewinder (pemutar kaset). Caranya kita bisa gunakan Kapas atau tisu dan beri sedikit cairan alkohol atau minyak kayu putih bisa. Caranya Rewinder, benda kotak berengkol ini berguna untuk menggulung kaset secara perlahan. Dengan begitu, kita bisa sambil menyematkan kapas atau tisu dan cairan pembersih tadi bagian pita kaset yang terbuka di bawah. Caranya, tahan satu gumpal kapas atau tisu di bagian tersebut, lalu putar kaset dengan rewinder secara perlahan. Dengan begitu, pita setahap demi setahap akan bersih dari noda.

Bongkar Kaset Untuk Dibersihkan

Jika jamur dan pita lengket yang membandel sudah terlanjur ada pada koleksi kasetmu, maka cara terakhir untuk membersihkannya adalah dengan cara dibongkar. Perakitan kaset sendiri terbilang simpel. Cukup lepas baut-baut yang ada di tiap ujung dan bagian tengahnya. Lalu, bersihkan tiap sudutnya. Kita bisa menggunakan kapas atau tisu yang diberi sedikit cairan alkohol. Sebab, cairan ini mudah menguap jadi tidak tersisa jika tidak kering. Tapi ada satu hal yang penting untuk diingat mengenai soal urusan bongkar-membongkar kaset ini. Jagalah gulungan pitanya jangan sampai terburai. Soalnya, pita ini panjangnya bukan main dan akan bikin repot untuk mengembalikan gulungan ke posisi semula. Maka dari itu sebelum membongkar pastikan gulungan pita kaset sudah kita putar sampai habis di salah satu ujugnya, hal ini untuk meminimalisir terburainya pita kaset.

Rawat Juga Kondisi Player

Jika proses merawat kaset sudah dilakukan, jangan lupa juga untuk merawat player-nya. Salah satu caranya dengan membersihkan bagian head tempat player membaca pita kaset. Karena bagian ini adalah yang sering sekali bertemu dengan pita kaset. Jika ini dibiarkan kotor, maka kotorannya sudah pasti akan terbawa ke pita kaset. Satu bagian lain yang tidak kalah penting adalah sistem stop otomatisnya, ketika gulungan pita yang diputar sudah habis, segera keluarkan kaset dari player, atau jangan biarkan kaset berputar hingga gulungan pitanya habis. Karena meski sistem stop otomatisnya mati, dinamo pemutar pada mesin player terus menarik gulungan kaset. Efeknya, pin pegangan pita di dalam bodi kaset bisa patah, dan kaset jadi tidak bisa diputar lagi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password