5 Tips Atasi Tubuh yang Mudah Lelah, Apa Saja?

Aktivitas padat diperkotaan memicu tingkat lelah (Shutterstock)

Bosscha.id – Banyaknya aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari yang membuat stamina dan kekebalan tubuh menurun, cepat lelah, dan bisa saja berbagai penyakit infeksi pun mudah menyerang. Selain karena banyaknya aktivitas yang kita lakukan, gaya hidup dan gangguan psikologis juga bisa mengakibatkan

Wajar memang jika Anda melakukan aktivitas yang berat dan kemudian merasa lelah setelahnya. Namun rasa lelah bisa menjadi masalah jika masih harus melanjutkan aktivitas dan pekerjaan yang harus menuntut tubuh harus kembali bugar, fit, sehat, dan berstamina. Lalu bagaimana jika lelah tiba-tiba datang tetapi masih ada segudang pekerjaan yang harus dilakukan.

Banyak hal sederhana yang dapat membuat tubuh kembali segar dan terlepas dari kelelahan. Hal tersebut tentunya dapat kita lakukan sendiri bahkan di rumah, tidak perlu ke dokter, hanya butuh niat dan waktu saja untuk membuat tubuh menjadi lebih baik lagi. Dan berikut ini bosscha.id akan berbagi cara sederhana yang bisa dilakukan agar bisa atasi rasa lelah.

Selektif Dalam Memilih Makanan dan Minuman

Makanan ternyata bisa berpengaruh pada tingkat kelelahan seseorang. Ada sebagian makanan dan minuman yang mampu meningkatkan energi tubuh, namun, ada juga yang bisa membuat kita mudah lelah. Berikut adalah makanan dan minuman yang perlu dihindari agar kita tidak mudah lelah: Minuman berkafein. Semangat yang muncul setelah mengonsumsi minuman berkafein ini hanya bersifat sementara. Sebab, setelah efek kafein itu tidak ada lagi, tubuh akan merasakan kelelahan (caffeine crash).  Selain cafein, terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, dan permen yang mengandung pengawet dan garam. Dengan mengkonsumsi makanan jenis ini, akan membuat tubuh bekerja lebih lambat sehingga menjadikan kita mudah lelah.

Maka alangkah baiknya hindari makanan dan minuman seperti yang dijelaskan di atas, baiknya perbanyaklah konsumsi makanan segar yang memiliki banyak nutrisi, seperti buah dan sayuran.  Agar memperoleh hasil maksmal, maka kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung minyak omega-3, seperti ikan salmon dan kacang-kacangan guna memacu semangat dan mengurangi lelah.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Salah satu tanda jika kita mengalami dehidrasi adalah tubuh terasa lelah. Dengan cukup minum air putih, tubuh akan terhidrasi dengan baik, sehingga kita akan merasa segar kembali dan tentunya bisa terhindar dari kelelahan.  Idealnya, kita dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Jumlah ini bisa saja berubah, tergantung pada kondisi fisik dan aktivitas yang dilakukan. Jadi, sesuaikan saja asupan air putih harian dengan kebutuhan kita. Semakin tinggi tingkat aktivitas yang dilakukan, biasanya, semakin banyak air mineral yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

Baca Juga:   Phobia Hari Senin? Ini Tipsnya

Kurangi Berat Badan Jika Sudah Tidak Ideal

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, jangan heran bila sering merasa kelelahan. Hal ini disebabkan karena sebenarnya tubuh telah dirancang untuk menopang dan melakukan fungsi tubuh yang sesuai dengan berat badan ideal. Sehingga, ketika Anda mempunyai masalah pada berat badan yang kurang ideal, seluruh organ tubuh akan melakukan tugas yang lebih berat daripada biasanya.

Contoh, pada organ jantung yang akan memompa lebih keras lagi untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang berat badannya berlebih dibandingkan dengan memompa pada tubuh yang mempunyai berat badan normal. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda menurunkan berat badan dengan melakukan olahraga secara teratur dan menerapkan gaya hidup sehat.

Cukupi Kebutuhan Istirahat

Kurangnya waktu tidur juga bisa menjadi penyebab utama seseorang mengalami kelelahan. Maka dari itu, kita perlu memenuhi kebutuhan tubuh untuk istirahat, salah satunya dengan tidur cukup. Kita juga dianjurkan untuk membiasakan tidur dan bangun di waktu yang sama.

Jika rasa kantuk muncul di siang hari, Anda bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur siang sebentar (power nap), setidaknya 10-20 menit. Hindari mengonsumsi obat tidur tanpa anjuran dokter, bila Anda mengalami gangguan sulit tidur. Sebaiknya, langsung saja memeriksakan masalah kesehatan yang Anda alami pada dokter tepercaya.

Rutin Berolahraga

Anda bisa saja merasa lelah karena aktivitas dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari. Tetapi jangan menjadikan hal tersebut alasan bagi Anda untuk tidak melakukan olahraga. Justru dengan olahraga, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melancarkan peredaran darah Anda. Apalagi jika Anda rutin melakukan olahraga, Anda akan merasakan bertambahnya energi.

Cobalah untuk melakukan olahraga yang mudah dan sederhana, tidak usah langsung melakukan olahraga yang high-impact. Melakukan jalan santai selama 15 menit saja sudah bisa meningkatkan energi di dalam tubuh Anda. Bahkan, Kementerian Kesehatan menyarankan untuk melakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari. Lakukan kebiasaan olahraga ini dengan bertahap, dengan begitu Anda akan merasakan dampak positif pada tubuh Anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password