Putri Jenderal Iran: Siapa yang Akan Balas Kematian Ayah Saya

Mayor Jenderal Qasem Soleimani/vox.com

Bosscha.id– Putri mendiang perwira tinggi militer Iran, Mayor Jenderal Qasem Soleimani, meminta Presiden Hassan Rouhani untuk membalas kematian sang ayah.

“Siapa yang akan membalas (kematian) ayah saya?” kata Zeinab Soleimani saat menerima kunjungan duka Rouhani ke rumahnya pada Minggu (5/1).

“Semua orang akan membalas dendam (atas nama Soleimani),” kata Rouhani menjawab pertanyaan Zeinab seperti dikutip CNN.

Rouhani menuturkan Amerika Serikat telah membuat kesalahan sangat besar dengan membunuh Soleimani. Ia menuturkan warga AS akan menghadapi “konsekuensi atas tindakan kriminal ini tidak hanya hari ini tapi juga di tahun-tahun selanjutnya.”

Dilansir Al Arabiya, Zeinab menuturkan dia tahu bahwa pemimpin kelompok Hizbullah di Lebanon, Hassan Nasrallah, akan membalas kematian sang ayah.

Kepada TV Al Manar di Libanon, Zeinab mengatakan Presiden Donald Trump “yang menjijikkan” tidak akan bisa menghapus prestasi sang ayah yang telah memimpin pasukan elite militer Iran, Quds, selama 20 tahun terakhir.

“Kematian ayah saya tidak akan menghancurkan kami dan Amerika Serikat harus tahu bahwa darah (ayah saya) tidak  akan pergi begitu saja dengan gratis,” kata Zeinab menggunakan bahasa Farsi.

Baca Juga:   Mahathir Mohamad Ungkap Alasan Pengunduran Dirinya

Zeinab menuturkan Trump tidak berani menghadapi ayahnya sendiri sehingga harus meluncurkan serangan drone untuk membunuh Soleimani.

AS meluncurkan serangan udara terhadap rombongan mobil Soleimani yang baru tiba di Bandara Baghdad, Irak.

Selain Soleimani, wakil komandan milisi Syiah Irak (PMF), Abu Mahdi al-Muhandis, petinggi milisi Kataib Hizbullah, dan seorang petugas protokoler bandara Irak, Mohammed Reda juga turut tewas dalam serangan tersebut.

Penyerangan terhadap Soleimani itu terjadi setelah AS membombardir markas Kataib Hizbullah pada akhir pekan lalu hingga menewaskan 25 orang. 

Di satu sisi, serangan ini terjadi dua hari setelah milisi Syiah Irak dan simpatisan menyerbu kedutaan besar Amerika Serikat di Baghdad.

Source: CNN Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password