Ingin Libur Akhir Pekan Lebih Sehat? Lakukan Tips Berikut Ini

Istimewa

Bosscha.id – Libur akhir pekan adalah waktu yang tepat, yang bisa kita manfaatkan untuk beristirahat atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun selain itu, libur akhir pekan pun bisa kita habiskan dengan berbagai cara, mulai dari menonton film, belanja hingga wisata kuliner.

Kegiatan-kegiatan tersebut memang menyenangkan untuk dilakukan, namun berbagai kegiatan yang kita lakukan di akhir pekan tersebut tak jarang malah membuat tubuh menjadi kurang prima ketika akan kembali beraktivitas di hari senin. Maka dari itu, demi menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat libur akhir pekan, kali ini bosscha.id akan berbagi tips agar tubuh tetap sehat saat liburan akhir pekan. Sehingga kondisi tubuh tetap prima ketika akan beraktivitas kembali.

Jaga Konsumsi Makanan

Saat liburan, kita cenderung terlalu bebas dalam hal memilih makanan dan akhirnya pola dan asupan makan tak sehat pun kita lahap, bahkan tak jarang program diet jadi berantakan. Belum lagi jika makan sembarangan dan tak kenal waktu. Maka dari itu kita harus menjaga konsumsi makanan saat libur akhir pekan. Namun jika terlanjur menkonsumsi makanan tersebut, kita bisa mengatasi itu dengan cara  mengurangi porsinya dan mencari makanan lain yang lebih sehat. Cara lain adalah rubah mindset dengan memikirkan tempat-tempat tujuan yang akan dikunjungi saat liburan akhir pekan. Cari tempat yang tidak terlalu banyak menyediakan makanan, karena semakin sedikit ‘makanan’ yang  dilihat, kecil kemungkinannya untuk makan terlalu banyak.

Melakukan Olahraga Ringan

Banyak orang yang menghabiskan waktu libur akhir pekannya hanya dengan wisata kuliner dan bermalas-malasan di rumah. Padahal masih banyak cara melewati liburan dengan lebih produktif. Misalnya, agar lebih sehat cobalah untuk melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jogging, atau hanya sekedar jalan kaki dan jauhi konsumsi makanan kurang sehat setelah melakukannya. Dengan melakukan olahraga saat libur akhir pekan, tubuh akan terasa lebih segar dan bugar, yang efeknya tetu akan lebih sehat, dengan begitu kita akan lebih siap mengahadapi aktivitas rutin kita pada awal pekan.

Mendengarkan Musik atau Membaca Buku

Mendengarkan alunan musik atau membaca buku-buku favorit membuat kita bisa menikmati waktu bersantai di akhir pekan. Pada hari-hari efektif, kita sering kesulitan untuk membaca buku atau melakukan hobi yang kita senangi. Selain itu mendengarakan musik dan membaca buku favorit akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal ini bisa menjadi semacam relaksasi dan detox bagi tubuh untuk mengeluarkan aura-aura negatif, agar kembali bersemangat dan bugar saat harus kembali beraktivitas pada awal pekan.

Membersihkan Rumah

Aktivitas lain yang menyehatkan di akhir pekan adalah bersih-bersih rumah. Selain sebagai cara untuk melawan rasa malas, kegiatan ini juga bisa membuat rumah terbebas dari debu, kotoran, dan jamur. Dan efeknya tentu rumah tempat tinggal kita jadi terbebas dari bakteri dan bibit penyakit.

Bahkan manfaat menyapu, mengepel, dan menyedot debu tidak berbeda jauh dengan manfaat olahraga lari atau jalan santai. Kegiatan bersih-bersih rumah ternyata dapat membakar energi dan menyehatkan jantung. Jadi selain diri kita sendri menjadi sehat, manfaat dari rumah bersih adalah semua anggota keluarga jadi lebih sehat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password