Bupati Aa Umbara Turun Langsung Bersihkan Sampah Usai Pergantian Tahun Baru

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, tengah mengangkut sampah. Foto: Istimewa

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna langsung turun ke jalan memberishkan sampah di kawasan wisata, taman dan jalan protokol di Lembang, Rabu (1/1/2020). Dia bersama puluhan warga bergotong-royong turun ke jalan untuk membersihkan puluhan ton sampah pasca malam pergantian tahun baru

Saat membersihkan sampah, Bupati yang menggunakan sepatu boat dan topi dengan cekatan mengangkat sebagian material. membersihkan sampah serta langsung menaiki truk pengangkut sampah.

“Saya bersama warga dan komunitas peduli sampah langsung membersihkan sampah liar, agar memberikan rasa nyaman bagi setiap pengunjung yang datang, terutama untuk warga sekitar,” kata Bupati di lokasi.

Menurut Bupati, aksi bersih-bersih ini, selain untuk memberikan rasa nyaman, juga untuk mencegah datangnya penyakit dari tumpukan sampah. Dia pun mengimbau, agar ada kesadaran baik dari warga dan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Kebanyakan sampah didominasi sampah plastik serta makanan yang dikonsumsi oleh warga serta wisatawan yang datang dari luar. Total sampah ini mencapai puluhan ton. Kami mengingatkan kepada warga dan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan supaya bisa menjaga lingkungan tetap sehat dan bersih, terutama untuk mencegah banjir di musim hujan seperti saat ini,” ungkapnya..

Bosscha.id

Lebih lanjut Bupati menambahkan, sebagai bentuk nyata Pemkab Bandung Barat peduli sampah, sudah dibuat Peraturan Daerah (Perda) Soal Penanggulangan Sampah. Dengan aturan ini diharapkan kesadaran masyarakat soal sampah bisa meningkat.

Baca Juga:   Mantap! Fly Over Padalarang Resmi Dibangun untuk Atasi Kemacetan

“Ke depan jika ada warga atau wisatawan yang membuang sampah sembarangan, maka akan dikenakan sanksi administrasi, denda hingga sanksi sosial,” katanya.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kebersihan dan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup KBB, Nurjaman sebelumnya mengatakan, momentum perayaan libur natal dan tahun baru akan menyedot banyak kerumunan orang di berbagai tempat di KBB khususnya di Lembang

“Sehingga kami minta masyarakat khususnya wisatawan jangan membuang sampah sembarangan dan harus menjaga lingkungan,” kata Nurjaman, kepada Bosscha.id.

Nurjaman menyebutkan, sampah yang dihasilakan biasanya mencapai 150 ton per hari, namun selama libur ini sampah yang dihasilkan bisa mencapai 200 ton per hari. Namun demikian, pihaknya sudah mengantisipasi kenaikan volume sampah di sejumlah titik terutama pada area wisata. 

“Sejumlah objek wisata yang masuk ke wilayah pelayanan UPTD Kebersihan sudah mendapatkan himbauan. Petugas kita tidak ada libur, karena mereka akan fokus pada pelayanan,” kata Nurjaman.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password