Sejarah 31 Desember: Pemutaran Film ‘Loetoeng Kasaroeng’, Film Pertama Yang Diproduksi di Indonesia

Poster promo pemutaran film loetoeng kasaroeng (Dok. Istimewa)

Bosscha.id – Sempat mengalami pasang surut, Industri perfilman di Indonesia saat ini memang semakin menunjukan taringnya. Para sineas muda saat ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kualitas film Indonesia saat ini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Pasalnya, film-film karya anak bangsa saat ini sudah banyak yang berhasil meraih prestasi di ajang festival film Internasional. Salah satu sutradara indonesia yang filmnya berhasil masuk dan memenangkan festival film internasional adalah Joko Anwar. Salah satu filmnya yang berhasil mememenangkan ajang festival film adalah ‘Modus Anomali’. Film ini berhasil memenangkan ajang Network of Asian Fantastic Film (NAFF) di Korea Selatan.

Bicara soal film Indonesia, tentu kita harus tahu sejarah panjang tentang perfilman di Indonesia. Meski tidak ada literatur yang menunjukkan kapan pastinya pertama kali film masuk ke Indonesia dan ada beberapa sumber yang menyatakan waktu yang berbeda-beda.

Ada sumber yang mengatakan bahwa harian Bintang Betawi pada Desember 1900 menaruh iklan bioskop di halamannya, yang mana ini dianggap menunjukkan bahwa saat itu sudah ada film masuk di Indonesia. Film pada masa itu ditayangkan di bioskop yang terbagi menjadi tiga golongan kelas, yaitu bioskop khusus untuk orang Eropa, bioskop untuk orang berstatus menengah ke atas, dan bioskop untuk orang-orang berstatus rendahan.

Film dikenal dengan nama Gambar Hidoep di masa penjajahan Belanda, juga diperkirakan dibawa masuk oleh para pedagang China. Ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa pada tahun 1924, masyarakat Indonesia disuguhkan film China untuk yang pertama kalinya. Sumber lain juga menyebutkan bahwa adanya pernyataan dari tokoh Belanda, De Locomotif, yang memberikan usulan untuk membuat film sendiri pada sebuah surat kabar di tahun 1925.

Lalu pada tahun 1926, Film pertama yang dibuat di Indonesia adalah Loetoeng Kasaroeng (Lutung Kasarung) yang diproduksi oleh dua orang Belanda, L. Heuveldorp dan G. Kruger, dan merupakan film yang diangkat dari kisah legenda Sunda. Film ini idibuat setelah Heuveldorp dan Kruger membuat perusahaan film yang diberi nama NV Java Film Company di Bandung, Jawa Barat. Meski disutradarai oleh orang Belanda, tapi para pemain film ini adalah aktor dan aktris pribumi. Adapun yang ikut membintangi film ini adalah anak-anak dari Bupati Bandung Wiranatakusumah.

Baca Juga:   Sejarah 9 Juli: Peristiwa ‘Geger Cilegon’, Perlawanan Rakyat Banten Terhadap Belanda

Dan tepatnya hari ini 93 tahun yang lalu, atau tepatnya 31 Desember 1926 Film lutung Kasarung tayang untuk pertama kalinya di Teater Elite and Majestic, Bandung. Dan sejarah mencatat bahwa Lutung Kasarung adalah film pertama yang diproduksi di Indonesia. Ketika itu masih eranya film bisu dan hitam putih. Film yang ditayangkan di bioskop kala itu hanya berupa gambar bergerak tanpa ada suara sama sekali.

Kisah film ini berasal dari legenda masyarakat di bumi Parahyangan yang sering ditampilkan dalam seni pantun Sunda. Pantun Sunda adalah seni pertunjukan cerita tutur dalam bentuk sastra Sunda lama yang disajikan secara paparan (prolog), dialog, dan seringkali dinyanyikan. Seni Pantun itu dilakukan oleh seorang juru pantun (tukang pantun) sambil diiringi alat musik kecapi yang dimainkannya sendiri.

Salah satu ceritanya yang cukup populer adalah Lutung Kasarung atau lutung yang tersesat. Lutung atau disebut juga langur adalah sejenis monyet berwarna hitam atau kuning keemasan, berekor panjang yang tinggal di kawasan Asia Tenggara.

Seperti diangkat dari kisah legendanya, cerita film lutung kasarung ini pun mengisahkan tentang perjalanan Sanghyang Guruminda dari Kahyangan yang diturunkan ke Buana Panca Tengah (Bumi) dalam wujud seekor lutung. Dalam perjalanannya di Bumi, sang lutung bertemu dengan putri Purbasari Ayuwangi yang diusir oleh saudaranya yang pendengki, Purbararang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password