Hai Wisatawan, Jangan Buang Sampah Sembarangan di KBB!

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna secara spontan melakukan aksi bersih-bersih sampah yang berada di tepi jalan di depan objek wisata De Ranch, Kecamatan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Ahad (9/6/2019). Ist.

Bosscha.id– Jumlah volume sampah di Kabupaten Bandung Barat diprediksi mengalami peningkatan selama libur natal dan tahun baru. Beberapa titik tempat wisata seperti di Lembang, dipastikan terjadi peningkatan karena adanya kunjungan wisatawan yang datang berlibur.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kebersihan dan Persampahan pada Dinas Lingkungan Hidup KBB, Nurjaman mengatakan, momentum perayaan libur natal dan tahun baru akan menyedot banyak kerumunan orang di berbagai tempat di KBB khususnya di Lembang

“Sehingga kami minta masyarakat khususnya wisatawan jangan membuang sampah sembarangan dan harus menjaga lingkungan,” kata Nurjaman, kepada Bosscha.id Sabtu (27/12/2019). 

Nurjaman menyebutkan, sampah yang dihasilakan biasanya mencapai 150 ton per hari, namun selama libur ini sampah yang dihasilkan bisa mencapai 200 ton per hari. Namun demikian, pihaknya sudah mengantisipasi kenaikan volume sampah di sejumlah titik terutama pada area wisata.

“Sejumlah objek wisata yang masuk ke wilayah pelayanan UPTD Kebersihan sudah mendapatkan himbauan. Petugas kita tidak ada libur, karena mereka akan fokus pada pelayanan,” kata Nurjaman.

Bosscha.id

Nurjaman optimis masalah peningkatan sampah selama musim libur natal dan tahun baru bisa diatasi.

Baca Juga:   Flyover Padalarang Segera Dibangun, Begini Rekayasa Lalin di Sejumlah Titik

“Karena sudah ada juga himbauan dari pak bupati terkait tidak ada hura-hura di jalan, mudas-mudahan masalah sampah pun bisa diatasi dengan baik,” terangnya.

Nurjaman menambahkan, selain peningkatan volume, pihaknya juga mengantisipasi musim penghujan yang disinyalir akan membuat bobot sampah semakin berat.

“Faktor cuaca berpengaruh di TPA Sarimukti. Bahkan sekarang kendaraan beberapa ada yang rusak dan mogok,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, pemerintah daerah siap mengantisipasi dan menjaga kelancaran pada saat momentum libur natal dan tahun baru.

“Insya Allah, Bandung Barat siap di kunjungi oleh para wisatawan yang merayakan libur natal dan tahun baru. Saya titip masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan,” kata Umbara 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password