Resmikan Desa Mart, Bupati Aa Umbara: Itu Program Ekonomi Kerakyatan untuk Masyarakat Desa

Desamart Program Menghidupkan Ekonomi Desa di Bandung Barat
Bosscha.id

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB menyelangarakan peresmian Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) dan Desa Mart di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Jumat (27/12/2019). Desa Mart didirikan sebagai cara untuk meningkatkan roda ekonomi desa melalui pemberdayaan BUMdes.

“Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itu yang disebut dengan ekonomi kerakyatan,” ungkap Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, di sela-sela acara peresmian.

Desa Mart yang juga merupakan ide dan gagasan oleh Umbara sendiri, diharapkan mampu mengembangkan dan meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa.

Terlebih, Umbara meyakini, pembanguan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan.

Diharapkan desamart bisa menjadi tulang punggun pemerataan ekonomi desa, bosscha.id

“Harapannya pertumbuhan BUMDdes kedepan bisa menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebuhan masyarakatnya sendiri. Karena, Bumdes ini akan menjadi ikon-ikon pertumbuhan ekonomi daerah. Sehingga karakter dengan potensi daerah harus dikembangkan dengan pola ekonomi,” ungkapnya.

Baca Juga:   Mampukah Petani KBB Ambil Peluang Bisnis di Era Pandemi Covid-19?

Lebih lanjut Umbara menambahkan, BUMDes yang didukung dengan Desa Mart merupakan wujud nyata BUMDes sebagai outlet atau toko untuk usaha bersama beberapa desa. Dengan demikian dirinya terus mengajak kepada seluruh kepala desa untuk senantiasa membuat wadah sebagai fasilitas BUMDes.

“Tentu saya berharap setelah peresmian ini diharapkan berdiri outlet Desa Smart di desa yang lainnya,” ucapnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password