Libur Natal dan Tahu Baru 2020, PDAM Tirta Raharja Siap Jamin Kebutuhan Air Masyarakat

Foto dokumentasi PDAM Tirta Raharja

Bosscha.id- Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja melakukan sejumlah persiapan agar pelayanan kepada pelanggan di tiga wilayah seperti Kabupaten Bandung, Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat bisa tetap maksimal selama libur Natal dan akhir tahun.

Manajer Junior Humas dan Sekretariat Perumda Air Minum Tirta Raharja, Sri Hartati menuturkan, persiapan tersebut sengaja dilakukan untuk mengantisipasi libur panjang dengan jumlah sebanyak 101.743 sambungan rumah (SR).

“Kami sudah mempersiapkan piket yang ada di bagian pelayanan, distribusi dan produksi, Piket kita lakukan agar pelayanan air kepada pelanggan tetap maksimal,” ujar Sri, Jumat (27/12/2019).

Bosscha.id

Dari dampak musim kemarau terutama di wilayah pelayanan Kabupaten Bandung Barat dan Cimahi, menurut Sri, kini debit air baku pun sudah kembali normal. Termasuk sejauh ini di wilayah timur juga pelayanan kepada pelanggan tidak mengalami penurunan debit air.

“Namun demikian, karena musim hujan, hal itu mengakibatkan bahan baku yang sangat sulit diolah dengan kekeruhan sangat tinggi. Sedangkan untuk pelayanan kepada pelanggan di wilayah selatan, saat ini masih mengalami penurunan debit air baku,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi dampak penurunan debit tersebut, Sri mengatakan bahwa pihaknya melakukan penjadwalan rekayasa pendistribusian air dan penanggulangan air bersih melalui mobilisasi tangki air.

“Langkah-langkah yang kami lakukan untuk mengantisipasi pelayanan pada akhir tahun ini, yaitu mengantisipasi kebocoran pipa dengan menyediakan aksesoris untuk kebocoran dari berbagai diameter pipa serta mobilisasi armada tangki air kepada pelanggan yang membutuhkan pascamusim kemarau,” terangnya.

Baca Juga:   Ridwan Kamil Keluarkan Surat Peningkatan Kewaspadaan di Jawa Barat

Sri juga menambahkan, Perumda pun terus berupaya menjaga kualitas air dengan memerintahkan petugas teknik dan administrasi secara rutin untuk melakukan pemeliharaan jaringan pipa yang sudah melampaui batas usia teknis.

“Kemudian menjaga tekanan jaringan pipa agar tetap aman dan pembersihan pada instalasi pengolahan air,” katanya.

Untuk diketahui, saat ini wilayah pelayanan utara ada sebanyk 27.373 SR, wilaya pelayanan selatan 32.748 SR dan wilayah pelayanan timur sebanyak 41.622 SR.

Lebih lanjut Sri mengimbau kepada pelanggan Perumda Air Minum Tirta Raharja yang ada di tiga wilayah pelayanan, untuk menggnakan air sesuai kebutuhan, menampung air apabila air masi mengalir serta menutup kran air pada saat digunakan, karena setets air bersih sangat berarti untuk kehidupan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password