Tips Liburan Akhir Tahun Agar Tidak Menguras Dompet

Backpacker masih menjadi primadona liburan hemat dengan sensasi petualang (Shutterstock)

Bosscha.id – Libur akhir tahun merupakan momen yang pas kita gunakan untuk pergi berlibur bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan super padat, tentu saja momen libur panjang ini adalah waktu terbaik untuk santai melepas penat. Liburan ke manapun terasa puas.

Namun tak jarang, pengeluaran pada saat libur akhir tahun seringkali lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. Kita membutuhkan lebih banyak uang untuk menjamu teman dan keluarga. Maka, kita harus putar otak untuk memikirkan cara agar tidak tekor selama musim liburan. Dan berikut ini bosscha.id akan berbagi tips untuk “menyelamatkan” uang Anda tanpa mengorbankan rencana liburan akhir tahun.

Tentukan Waktu Liburan

Hal pertama yang perlu dilakukan saat merencanakan liburan adalah menentukan waktu keberangkatan, serta berapa lama Anda akan menghabiskan waktu untuk berlibur. Hal ini jangan dianggap sepele, karena hal tersebut berdampak pada tujuan, pemesanan tiket perjalanan, sampai hotel atau penginapan tempat ada tinggal selama liburan.

Jika Anda mendadak membeli tiket pesawat atau moda trasnportasi lain untuk pulang dan pergi, pesan hotel karena tidak ada persiapan, tentu saja akan berpengaruh pada biaya liburan Anda. Dan kalau terlalu lama berlibur pun, tidak baik untuk “kesehatan” dompet. Maka aturlah waktu dan lamanya liburan Anda sesuai dengan uang yang ada miliki.

Susun Anggaran Yang Dibutuhkan

Jika waktu keberangkatan, kepulangan dan lamanya liburan sudah ditentukan. Selanjutnya Anda harus mulai menyusun target anggaran yang dibutuhkan. Merinci mulai dari kebutuhan anggaran untuk beli tiket pesawat, kereta, tau moda transportasi lainnya untuk pulang pergi, biaya penginapan, sewa kendaraan, tiket masuk objek wisata, biaya makan selama liburan, jajan, sampai anggaran untuk belanja oleh-oleh.

Poin terpenting adalah, usahakan tidak melebihi target atau total anggaran liburan yang sudah Anda susun. Hal ini penting agar Anda tidak mengalami defisit keuangan setelah liburan. Tentunya pilih liburan yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan memaksakan untuk liburan mewah, menghabiskan dana besar, lalu setelah itu terpaksa berutang ke sana kemari demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tentukan Destinasi Wisata Yang Akan Dikunjungi

Agar liburan makin menyenangkan, pastikan memilih destinasi wisata terbaik. Anda bisa melakukan riset sederhana, lewat browsing di internet, atau bertanya ke teman tentang tempat-tempat wisata yang asyik buat dikunjungi. Lalu diskusikan dengan teman atau keluarga yang akan Anda ajak untuk berlibur.

Jika Anda memiliki target anggaran yang lumayan besar dengan waktu yang cukup lama, Anda bisa pergi ke destinasi wisata yang agak jauh dan sudah menjadi incaran Anda selama ini. Namun sebaliknya, bila target anggaran minim, Anda bisa pilih destinasi wisata terdekat. Tapi dengan catatan Anda harus riset terlebih dahulu, jangan sampai Anda kecewa setelah tiba di tempat liburan.

Gunakan Promo

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan, namun persiapan dana liburan tersebut masih belum mencapai target? Tenang saja, masih banyak cara supaya anggaran berlibur bisa tetp terlaksana. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan penawaran promo diskon atau cashback.

Pada musim liburan terutama saat jelang akhir tahun seperti ini, banyak sekali penawaran promo tiket akomodasi dan hotel, tiket masuk destinasi wisata atau lainnya yang bisa Anda manfaatkan. Untuk saat ini promo-promo tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai aplikasi traveling. Anda bisa mencari aplikasi mana yang menawarkan promo dan diskon paling besar, dengan begitu Anda bisa lebih menekan biaya liburan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password