Ini 5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan Anak Saat Liburan Sekolah

Membuat kerajinan dirumah bisa menjadi kegiatan positif bagi anak (Shutterstock)

Bosscha.id – Masa liburan adalah sebuah hal yang menyenangkan untuk anak, karena mereka merasa terbebas dari segala rutinitas dan tugas-tugas sekolah yang rutin dilakukan. Liburan tentu sangat penting, tidak hanya untuk orang dewasa saja tapi juga anak-anak. Namun, jangan sampai liburannya diisi dengan kegiatan yang monoton, membosankan, bahkan tidak bermanfaat.

Sebenarnya, mengisi liburan anak dengan kegiatan yang menyenangkan tidak perlu biaya mahal dan jarak yang jauh. Banyak kegiatan positif dan menyenangkan yang bisa dilakukan. Dan bagi yang masih bingung ingin melakukan apa saat liburan sekolah, berikut bosscha.id akan berbagi beberapa tips untuk Anda dalam mengisi kegiatan liburan anak yang bermanfaat dan tetap menyenangkan.

Pergi Ke Kebun Binatang

Mengisi liburan sekolah ke kebun binatang, bisa menjadi pilihan cerdas bagi Anda sebagai orang tua. Karena anak bisa menikmati liburan sekaligus mempelajari jenis-jenis binatang yang selama ini hanya bisa mereka lihat di buku atau televisi. Dengan melihatnya secara langsung anak bisa mengamati segala hal tentang binatang. Misalnya bagaimana mereka makan, tidur dan berkembang biak. Selain itu anak bisa mendapatkan penjelasan tentang segala hal yang berkaitan dengan binatang tersebut dari petugas atau tour guide. Dengan demikian anak akan merasakan sensasi liburan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat.

Berlibur Ke Pantai

Destinasi wisata yang tak kalah seru yang bisa menjadi opsi untuk mengisi liburan sekolah bersama anak adalah dengan berlibur ke pantai. Secara alamiah anak cenderung suka bermain air, apalagi di pantai anak akan melihat langsung betapa indanhnya laut yang disertai hembusan angin sepoi-sepoi ditambah dengan ombak yang saling berkejaran. Untuk menambah kegembiraan, ajak anak untuk membuat istana pasir. Biarkan anak  berkreasi agar daya imajinasi dan kreativitasnya berkembang. Dengan begitu sudah barang tentu anak akan sangat merasa senang.

Silaturahmi Ke Rumah Saudara atau Kerabat

Mengunjungi rumah kerabat atau saudara merupakan salah satu pilihan bijak dalam mengisi liburan anak. Misalnya dengan mengunjungi rumah orangtua Anda yang berarti adalah kakek nenek dari anak Anda, atau ke rumah kakak atau adik Anda. Menginaplah untuk beberapa hari. Biarkan anak Anda dan kakek nenek, om dan tantenya, dan sepupu-sepupunya bisa menjalin kedekatan emosional. Atau kunjungi kerabat lain hanya untuk sekedar bersilaturahmi. Kondisi ini juga akan memperkuat ikatan tali silahturahmi antara sesama anggota keluarga. Selain itu anak juga akan belajar bagaimana menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, menghargai saudara dan kerabat.

Baca Juga:   Tips Memilih Sepeda Untuk Goweser Pemula

Berkunjung Ke Panti Sosial

Saat momen liburan sekolah, sesekali ajaklah anak untuk mengunjungi panti sosial yang dekat dengan rumah Anda, seperti panti anak yatim piatu, panti jompo atau rumah singgah penderita kanker, atau panti-panti sosial lainnya. Bawalah makanan dan berbagai kebutuhan panti. Dengan mengunjungi tempat ini, anak akan belajar ber-empati terhadap orang-orang yang kurang beruntung. Selain itu, secara tidak langsung kita sudah membantu menumbuhkan jiwa sosialnya.

Membuat Kue atau Memasak Bersama Anak

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan untuk mengisi liburan bersama anak ketika anda tidak punya kesempatan untuk pergi berlibur, adalah dengan melakukan aktivitas bersama anak di dalam rumah. Misalnya ajak anak anda untuk membantu anda membuat kue atau memasak, berikan kesempatan pada anak Anda untuk ikut terlibat dalam setiap proses pembuatan kue tersebut, hal tersebut bertujuan supaya anak memahami bahwa untuk mendapatkan sesuatu hal perlu proses dan usaha. Selain membuat kue, Anda juga bisa mengajak anak memasak makanan untuk di komsumsi bersama, dan masih banyak hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan bersama anak walaupun hanya dirumah.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password