5 Manfaat Minum Air Putih Saat Baru Bangun Tidur di Pagi Hari

Meminum satu atau dua gelas air tepat saat Anda baru bangun tidur di pagi hari, adalah cara yang baik untuk dengan cepat merehidrasi tubuh anda (Shutterstock)

Bosscha.id – Air putih memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika kita meminumnya pada pagi hari ketika baru bangun tidur. Minum air putih saat perut kosong di pagi hari ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Saat perut masih dalam keadaan kosong di pagi hari, kita memang perlu berhati-hati agar tak sembarang mengonsumsi makanan atau minuman pertama yang masuk ke dalam tubuh. Sangat disarankan untuk minum air putih saja di pagi hari. Maka kali ini bosscha.id akan berbagi lima manfaat yang bisa kita dapatkan dengan kebiasaan minum air putih saat baru bangun tidur.

Menghidrasi tubuh

Pakar gizi dan penulis The One One One Diet, Rania Batayneh, mengatakan enam hingga delapan jam tidur malam yang direkomendasikan adalah tanpa konsumsi air. Meminum satu atau dua gelas air tepat saat Anda baru bangun tidur di pagi hari, adalah cara yang baik untuk dengan cepat merehidrasi tubuh Anda. Kebanyakan orang minum kopi atau teh terlebih dahulu di pagi hari. Meskipun merupakan sumber antioksidan yang baik, kopi dan teh juga dapat memicu dehidrasi. Maka menkonsumsi air putih adalah cara bisa mengimbanginya.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Minum air putih pada saat perut kosong bisa meningkatkan metabolisme setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat. Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan akan menjadi lebih baik.

Menurunkan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa air memiliki potensi untuk meningkatkan laju metabolisme pada orang dewasa. Sederhananya, air membantu dalam pemecahan makanan lebih cepat sehingga membantu menurunkan berat badan, apalagi bagi Anda yang sedang melaksanakan program diet.

Baca Juga:   Sejarah 8 Juli: Bandara Udara Internasional Pertama di Indonesia Resmi Dibuka

Mengurangi Asupan Kalori

Minum air putih saat perut kosong, sebelum sarapan akan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga akan mengurangi asupan kalori ketika makan. Menurut penelitian yang dilakukan, konsumsi air sebelum sarapan mengurangi asupan kalori hingga 13 persen. Ketika tidak terhidrasi dengan cukup, tubuh bisa salah membaca sinyal haus, menjadi kelaparan, hal itu lah yang membuat kita makan lebih banyak.

Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Minum air putih segera setelah bangun tidur juga sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air putih pada saat perut kosong, terbukti dapat mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang dikonsumsi sampai batas yang sehat, maka tubuh akan terlindungi dari berbagai penyakit gangguan pencernaan lainnya. Jadi tidak ada salahnya kita biasakan diri untuk mengonsumsi air puth saat baru bangun tidur dan perut masih kosong.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password