Sejarah 23 Desember: Wafatnya Aom Kusman, Seniman Multitalenta Dari Tanah Pasundan

Kusman Kartanagara atau lebih populer dengan nama Aom Kusman adalah seorang seniman berbakat dan serba bisa dari tanah pasundan (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Kusman Kartanagara atau lebih populer dengan nama Aom Kusman adalah seorang seniman berbakat dan serba bisa dari tanah pasundan. Lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 24 Juni 1946, putra dari pasangan RMN Kartanagara dan Gurnita Yuyu. Dia dikenal sebagai seorang komedian dan pembawa acara senior Indonesia pada medio tahun 80-an.

Sebutan ‘Aom’ dahulu selalu disematkan kepada anak laki-laki seorang bupati, sedangkan untuk anak perempuan dipanggil ‘Juag’. Sang ayah ketika itu menjabat sebagai Patih Sukabumi. Kemudian sang ayah diangkat menjadi Bupati Garut pada 1956-1960, maka julukan Aom Kusman pun disematkan pada beliau.

Oleh karena sang ayah dipindah tugaskan ke Garut, maka Aom Kusman beserta keluarganya pun hijrah ke garut. Riwayat pendidikan Kang Aom dimulai dari SD di Mardiyuwana Sukabumi, lalu SMP Daya Susila Garut, dan SMAK Garut pada tahun 1965. Setelah itu, Kang Aom melanjutkan studinya ke Fakultas Hukum Unpad Jurusan Hukum Internasional karena cita-citanya ingin menjadi seorang Duta Besar.

Kang Aom Menikah dengan Poppy Sewu Hasan dan dikaruniai dua orang anak, yaitu Sylvie Salvia dan Bugie Bagus Priadi Nurlatif Kusman Kartanegara. Hingga akhir tahun 2011, pasangan ini telah memiliki lima orang cucu.

Pada era 80-an publik mengenal beliau sebagai pembawa acara kuis ‘Siapa Dia’ yang tayang di TVRI. Kuis ‘Siapa Dia ‘ adalah salah satu acara yang membawa nama Aom Kusman masuk ke jajaran MC terkenal di Tanah Air pada masanya, bersama sejumlah MC papan atas lainnya, seperti Bob Tutupoli dan Koes Hendratmo.

Sebelum menjadi pembawa acara kuis tersebut, Aom Kusman pun populer lewat perannya sebagai tokoh Abah dalam film ‘Si Kabayan’. Sebelum malang melintang di jagat hiburan tanh air, Kang Aom mengawali karier sebagai penyiar radio di Bandung. Pada tahun 1970, Aom Kusman bersama Kang Ibing, Ujang, Suryana Fatah, dan Sofyan Hargono membentuk group lawak ‘De Kabayan’.

Baca Juga:   Sejarah 4 Juli: Partai Nasional Indonesia, Partai Politik Tertua di Indonesia

Memasuki masa tuanya, Aom Kusman mulai dihampiri berbabagai penyakit. Meski mulai dihampiri diabetes di usia tua, seniman multitalenta ini masih sesekali tampil untuk menghibur pada berbagai kesempatan. Namun perjuangan Kang Aom harus terhenti oleh maut. Suami dari Popy Sewu ini mengembuskan napas terakhir di rumahnya pada 23 Desember 2011, setelah sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit akibat penyakit paru-paru.

Aom Kusman meninggalkan seorang istri Popi Sewu, serta dua anak yakni Sylvie Salvia dan Bugie Bagus Priadi Nurlatif Kusman Kartanegara, serta lima orang cucu. Kabar meninggal dunianya Aom Kusman juga sudah ramai dibicarakan di dunia maya seperti situs jejaring “Twitter” dan pesan  “blackberry massenger” (BBM).

Dimata kedua anaknya , Aom kusman bukan hanya sebagai seorang ayah dan pemimpin keluarga, Aom Kusman juga merupakan seorang tokoh dan teman dekat yang dijadikan teladan. Apapun yang dilakukan olehnya, semuanya selalu dijadikan pelajaran berharga.
salah satu teladan dari Aom Kusma yang selalu diingat oleh anak-anaknya adalah, beliau tak pernah malu untuk minta maaf jika memang melakukan kesalahan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password