Aa Umbara: KBB Siap Sambut Wisatawan Libur Akhir Tahun

The Great Asia Afrika, salah satu objek wisata baru di Lembang, Kabupaten Bandung Barat./Istimewa

Bosscha.id– Pemerintah Kabupaten Bandung Barat menyatakan siap untuk menerima kunjungan wisatawan dari luar dan dalam negeri pada momentum liburan akhir tahun 2019. Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan, pemerintah daerah siap mengantisipasi dan menjaga kelancaran pada saat momentum libur natal dan tahun baru tersebut.

“Insya Allah, Bandung Barat siap di kunjungi oleh para wisatawan yang merayakan libur natal dan tahun baru. Saya titip masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan,” kata Umbara saat menggelar rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) , Kamis (19/12/2019.

Umbara mengungkapkan, untuk mendukung pelaksanaan agar momentum libur natal dan tahun baru tahun berjalan lancar, pihaknya pun sudah menyiapkan langkah-langkah strategis. Diantaranya menyiapkan beberapa posko di daerah rawan longsor dan pohon tumbang hingga menyiapkan mobil ambulan di sejumlah titik yang diperkirakan akan ramai dikunjungi wisatawan.

“Bukan hanya itu saja, kami juga akan menyiapkan puskesmas yang stand by selama 24 jam. Saya juga sudah perintahkan Disparbud agar berkoordinasi di setiap tempat wisata untuk memberikan informasi kepada pengunjung,” kata Umbara.

Infografis: Akur Siap Jadikan Sektor Pariwisata Sebagai Ujung Tombak Ekonomi KBB
Bosscha.id

Lebih lanjut Umbara menambahkan, pemerintah daerah juga siap mengantisipasi lonjakan kendaraan selama libur di penghujung tahun ini. Termasuk menurutnya, pemerintah daerah akan mengantisipasi peningkatan kuota sampah.

Baca Juga:   Keren, KBB Dipilih Jadi Pilot Project New Normal Pariwisata

“Khusus Dinas Lingkungan Hidup harus gerak cepat mengatasi sampah yang dihasilkan selama masa liburan. Intinya, saya minta semua dinas untuk siaga selama masa libur akhir tahun ini,” ujarnya.

Seperti diketahui, dua minggu menjelang pergantian tahun, tingkat kunjungna ke Taman Wisata Grafika Cikole (TWGC) di Lembang mulai menggeliat. Hal itu bersamaan dengan libur semester anak-anak sekolah serta acara gathering perusahaan yang didominasi tamu dari berbagai daerah, di antaranya Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa daerah di Jawa Barat.

“Puncaknya minggu ini (minggu kedua jelang akhir tahun) karena anak-anak sekolah sudah mulai libur di beberapa daerah seperti Jawa Tengah. Ada juga kegiatan gathering perusahaan yang cukup banyak, kita lihat bus-bus juga sudah banyak yang datang,” kata General Manajer TWGC, Sapto Wahyudi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password