6 Tips Menata Meja Kerja Agar Nyaman Ketika Bekerja

Menata suasana meja kerja menentukan suasana pekerjaan (Shutterstock)

Bosscha.id – Banyak hal yang dapat mempengaruhi kinerja kita saat sedang berkerja di kantor, seperti lingkungan atau suasana kerja dan juga teman kerja. Namun, selain itu ternyata cara kitamenata meja kerja pun bisa jadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja kita.

Bagi Anda yang selalu menghabiskan waktu lebih banyak di kantor pasti telah menganggap tempat kerja sebagai rumah kedua. Seharian berada di belakang meja kerja pasti tak jarang pula membuat mood berantakan. Ditambah jika sedang dikejar deadline dan revisi, sudah pasti akan membuat pikiran mumet.

Oleh sebab itulah, kita harus memiliki ruang kerja yang nyaman atau setidaknya meja kerja yang bisa membuat kita merasa tenang. Dengan begitu kita akan nyaman dalam bekerja dan sudah tentu pekerjaan pun akan selesai dengan cepat dan “selamat”. Maka kali ini bosscha.id akan berbagi 6 tips bagaimana caranya membuat meja kerja menjadi tertata dengan baik, sehingga membuat kita nyaman.

Menjaga Kerapian dan Kebersihan Meja Kerja

Secara tidak langsung, meja kerja yang berantakan dan kotor dapat mempengaruhi mood dan fokus dalam bekerja. Selain membuat mood bagus dalam bekerja, meja kerja yang bersih dan rapi juga bisa membuat kita lebih mudah dan nyaman dalam bekerja. Apalagi kalau suka ngemil sambil kerja, jangan biarkan sampah atau sisa makan dibiarkan begitu saja di atas meja kerja. Lebih baik segera dibuang ke tempat sampah. Luangkan waktu dan lakukan secara rutin untuk merapikan dan membersihkan meja kerja. Kebersihan meja kerja pasti juga akan berpengaruh terhadap kesehatan.

Pasang Ornamen atau Dekorasi Secukupnya

Meja kerja sudah bersih dan rapi, tetapi masih saja tidak bersemangat dalam berkerja? Mungkin Anda perlu menambahkan beberapa hiasan atau pajangan di atas meja kerja sebagai penambah semangat. Hal yang perlu diperhatikan adalah pasang hiasan secukupnya di atas meja kerja. Misalnya, foto orang terkasih atau bisa juga Anda pajang tanaman atau bunga dengan pot mini. Kalau sudah memutuskan hiasan atau pajangan yang akan kita taruh di atas meja kerja, yang harus diperhatikan juga adalah penataannya. Jangan sampai hiasan atau pajangan tersebut malah bisa mengalihkan konsetrasi Anda dalam bekerja dan jangan sampai pula hiasan atau ornamen pajangan itu memenuhi meja kerja.

Pindahkan Barang Yang Tak Lagi Diperlukan

Meja kerja seharusnya menjadi tempat menaruh barang-barang yang berhubungan dengan kegiatan pekerjaan saja. Jangan sampai Anda memenuhi meja kerja dengan barang-barang yang sebenaranya tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Jika meja kerja sudah terlihat penuh, maka coba secara rutin menyeleksi dan memisahkan barang-barang mana saja yang tidak terlalu dibutuhkan. Singkirkan atau bawa pulang barang-barang tersebut ke rumah. Dengan begitu meja kerja Anda terlihat lebih leluasa dan Anda pun nyaman dalam bekerja.

Baca Juga:   Catat, Ini Tips Memilih Sepeda untuk Goweser Pemula

Rapikan Dokumen dan Alat Tulis

Sudah merapikan barang, memindahkan barang yang tidak diperlukan tetapi masih juga ada banyak barang di atas meja kerja? Coba gunakan organizer untuk menata meja kerja. Untuk dokumen yang ada di meja kerja, rapikan dengan memasukkannya ke dalam map atau file holder dan pisahkan sesuai kebutuhan. Simpan dokumen penting di tempat yang aman. JIka sudah dimasukkan ke dalam map atau file holder, jangan lupa memberi label pada map tersebut agar memudahkan kita mencari dokumen jika kita membutuhkannya kelak. Untuk barang-barang kecil yang gampang terselip atau alat tulis yang selalu berserakan, coba kumpulkan barang-barang tersebut dan gunakan keranjang kecil untuk menyimpannya.

Simpan Tempat Sampah Dekat Meja Kerja

Sebagian orang membiarkan meja kerjanya terlihat kotor secara tidak sengaja karena malas membuang sampah-sampah ke tempat sampah yang berada agak jauh dari tempat duduknya. Demi mencegah hal ini terjadi, maka sediakanlah tempat sampah di dekat meja kerja. Jadi jika ada sedikit sampah di meja kerja, kita bisa langsung membuangnya tanpa berpindah posisi. Dengan begitu meja kerja akan tampak lebih rapi dan teratur. Sampah-sampah pun tidak akan terlihat sehingga meja kerja tampak lebih bersih.

Cukupkan Pencahayaan di Meja Kerja

Saat bekerja, kita pasti membutuhkan pencahayaan yang memadai agar kegiatan kerja terasa lebih ringan. Cara mudahnya, kita bisa gunankan lampu meja. Sayangnya, tidak semua orang menyadari akan pentingnya sebuah lampu meja untuk mendukung kinerja. Padahal, jika pencahayaan meja kerja tidak mencukupi, mata kita akan lebih cepat lelah sehingga akan menghambat produktivitas kerja kita.

Bagi Anda yang memakai lampu meja untuk penerangan, sering kali banyak orang menemui kesalahan saat mengatur posisinya di meja kerja. Sebagian orang lebih mengarahkan lampu meja ke arah layar komputer mereka. Padahal, layar sudah menghasilkan cahayanya sendiri. Nah, akan lebih tepat jika kita meletakkan lampu meja di dekat atau mengarah ke keyboard. Ini bisa membantu untuk mengetik lebih cepat dan tepat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password