Bandung Barat Dilanda Bencana, Bupati Aa Umbara Minta Sejumlah Dinas Siaga 24 Jam

Bosscha.id

Bosscha.id– Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengimbau sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bandung Barat mempercepat bantuan pengiriman bantuan guna mengantispasi bencana susulan di Bukit Cisarongge, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Sebab, antisipasi warga dan keamanan menjadi hal pokok yang utama.

“Saya sudah memerintahkan seluruh dinas terkait untuk kerja sama memperbaiki wilayah terkena bencana dan membantu secara materi dan moral,” kata Umbara, saat meninjau lokasi terdampak, pada Ahad, (16/12/2019).

Umbara juga memastikan, Belanja Tak Terduga (BTT) Jembatan darurat akan segera dipersiapkan guna mempermudah akses bagi penduduk setempat. Apalagi, dari dampak tersebut sempat membuat warga terisolasi dan memutus akses jalan alternatif menuju Kabupaten Cianjur. 

“Kita akan siapkan segera jembatan darurat untuk mempermudah akses jalan terutama untuk anak-anak agar bisa bersekolah kembali. Termasuk warga juga masih bisa menggunakan jalur lain, jadi tidak ada yang sampai terisolir,” kata Bupati.

Memasuki musim hujan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta pemerintah daerah mengantisipasi potensi bencana seperti banjir, puting beliung, dan tanah longsor.

Baca Juga:   Jadi Korban Salah Data Covid-19, KBB Masuk Zona Kuning

“Dari Kepala BNPB sebelumnya sudah mengeluarkan surat edaran untuk antisipasi musim penghujan untuk gubernur seluruh Indonesia. Tentunya dari gubernur disampaikan ke kabupaten dan kota,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo ketika dihubungi Antara dari Jakarta, Senin (16/12/2019).

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password