5 Cara Ampuh Usir Lalat di Rumah Secara Alami

Lalat bisa membawa sekitar 100 jenis kuman pada tubuhnya (Shutterstock)

Bosscha.id – Kehadiran lalat di musim penghujan seperti ini biasanya akan bertamba banyak  jumlahnya. Bukan cuma mengganggu, kehadiran banyak lalat di rumah juga membahayakan kesehatan kita. Karena lalat dianggap sebagai hewan yang kotor dan banyak membawa kuman. terlebih jika lalat banyak berkeliaran di dalam rumah dan hinggap di atas makanan.

Apalagi jika lalat hinggap di peralatan bayi yang bisa saja membawa kuman serta bakteri yang rentan menimbulkan penyakit bagi si kecil yang notabenenya masih rentan terhadap penyakit. Lalat merupakan seranggga yang bisa membawa kuman cukup banyak. Hewan ini bisa membawa sekitar 100 jenis kuman pada tubuhnya. Kuman-kuman yang menempel pada lalat bisa memicu penyakit seperti antaraks, tipus, tuberkolosis dan diare.

Untuk itu, kali bosscha.id akan berbagi beberapa cara mengusir lalat di rumah dengan bahan-bahan alami dan praktis yang dampaknya dirasa cukup ampuh.

Bersihkan Ruangan Rumah Secara Rutin

Kunci utama adalah awal adalah kebersihan lingkungan rumah. Sampah selalu mengundang hewan-hewan kotor seperti lalat, kecoa, dan tikus. Untuk itu, penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan rumah. Sapu seluruh bagian rumah hingga bersih secara rutin, bersihkan saluran air, dan menutup tempat sampah. Pastikan tidak ada sedikitpun sampah yang tersisa. Kalau bisa, jangan biarkan sampah rumah tangga menumpuk. Setor secara rutin hasil sampah rumah kepada petugas kebersihan yang mendatangi rumah.

Gunakan Tanaman Pengusir Serangga

Lalat ternyata membenci beberapa tanaman dan buah. Kita bisa letakkan tanaman ini di sudut ruangan di rumah agar lalat tak masuk kerumah. Tanaman tersebut antara lain pandan, kemangi, lavender, salam, mint, tomat, marigold dan masih banyak lagi. Jadikan tanaman-tanaman tersebut sebagai tanaman hias. Selain berguna sebagai tanaman hias dan pengusir lalat di rumah, tanaman tersebut pun bisa menjadi pengharum ruangan alami.

Plastik Berisi Air

Kita bisa menyiapkan plastik bening yang kemudian diisi dengan air bening. Lalu gantung pada tempat yang biasa menjadi kerumunan lalat dirumah. Cara mengusir lalat ini terbukti efektif. Hal ini karena plastik bening berisi air akan mengelabui penglihatan dari lalat. Lalat memiliki 3000-6000 mata pada setiap bulatan matanya. Menggantungkan plastik bening berisi air akan membuat lalat tidak fokus pada satu titik sehingga lalat akan memilih untuk pergi menjauh. Disarankan menggunakan cara ini dalam ruangam yang memiliki cahya terang. Semakin terang semakin baik.

Cahaya Api Pada Lilin

Lalat tak suka dengan kondisi ruangan yang banyak asap. Cara mengusir lalat di rumah dengan lilin sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Tak hanya di rumah, cara ini juga kerap dilakukan di tempat-tempat umum seperti rumah makan. Api dengan hawa panas serta asap dari lilin bisa membuat lalat pergi menjauh. Caranya cukup mudah. Kita hanya perlu menyalakan lilin di tempat kerumunan lalat dan lalat akan langsung terbang pergi. Kita bisa menggunakan lilin biasa atau akan lebih baik jika menggunakan lilin aroma terapi dengan wangi yang kita sukai. Selain memberikan aroma pada ruangan, lalatpun akan pergi menjauh.

Cairan Bumbu Dapur

Cara mengusir lalat yang terakhir adalah dengan cara memanfaatkan cairan yang berisi campuran bumbu daput seperti kayu manis, bubuk cabai, bawang putih dan air. Haluskan semua bumbu dapur tersebut menggunakan blender, tuang air dan aduk hingga rata. Saring campuran air untuk menghilangkan sisa bahan yang dihaluskan, lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Setelah itu, kita cukup menyemprotkan cairan ini untuk mengusir lalat yang hinggap di sekitar rumah.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password