Sejarah 12 Desember: Terjadinya Gempa dan Tsunami Setinggi 36 Meter di Flores

Potret tsunami yang terjadi di Flores 12 Desember 1992 (Arbain Rambay)

Bosscha.id – Hari ini 27 tahun yang lalu, tepatnya pada 12 Desember 1992 terjadi gempa dengan magnitudo besar mengguncang Laut Flores. Badan Meterologi dan Geofisika mencatat magnitudo gempa itu ada pada skala 6,8. Namun, lembaga geofisika Institut de Physique du Globeyang yang berkedudukan di Strasbourg, Perancis, mencatat magnitudonya mencapai skala 7,5.

Gempa berkekuatan besar ini tidak hanya menimbulkan guncangan di daratan saja tetapi juga menjadi pemicu terjadinya tsunami setinggi 36 meter. Gempa dan tsunami Flored ini telah menghancurkan hampir seluruh bangunan yang berada di sepanjang pantai Flores.

Setidaknya tak kurang dari 2.100 orang tewas, dan lebih dari 500 orang hilang terbawa gelombang serta tertimpa reruntuhan bangunan yang roboh. Sekitar 447 orang mengalami luka berat, dan lebih dari 5000 orang harus mengungsi ke tempat penampungan. Bencana gempa itu menghancurkan sedikitnya 18.000 rumah, 113 sekolah, 90 tempat ibadah, dan ratusan gedung perkantoran.

Wilayah yang terkena dampak gempa cukup besar terdapat di wilayah Kabupaten Sikka, Ngada, Ende, dan Flores Timur. Sementara wilayah yang paling parah terkena dampak gempa ini adalah kota Maumere, yang diperkirakan lebih dari 1000 bangunan hancur dan rusak parah.

Bahkan beberapa kampung pesisir tenggelam karena daratan yang ambles. Lalu dalam beberapa menit, air laut perlahan naik dan gelombang tinggi menerjang pesisir setelahnya. Sejarak 75 hingga 300 meter daratan pesisir utara Flores porak-poranda diterjang air laut.

Keadaan serupa juga menimpa Pulau Babi. Di pulau yang terletak di utara Teluk Maumere itu ada perkampungan warga Buton. Kampung itu berubah jadi puing usai diguncang gempa. Massa batuan vulkanik dan pasir di perbukitan sekitar Maumere terpecah oleh getaran gempa. Material longsor membuat akses jalan yang menghubungkan Maumere dan kota-kota sekitarnya putus.

Tempat pengungsian warga yang rumahnya hancur, kala itu terpusat di kawasan lapangan umum Kota Baru Maumere dan Gelora Samador da Cunha. Sebagian warga yang rumahnya masih dapat dihuni memilih untuk bertahan di rumah mereka masing-masing, karena khawatir terjadi penjarahan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan pada kejadian bencana ini.

Baca Juga:   Sejarah 18 September: Peristiwa Madiun, Musnahnya Kaum Tua dan Bangkitnya Kaum Muda PKI

Respon pemerintah pusat di Jakarta pada saat itu sangatlah cepat, mereka segera menyatakan status bencana gempa dan tsunami di Flores sebagai bencana nasional. Bantuan terus berdatangan dari berbagai daerah di Indonesia, dan juga bantuan luar negeri. Selama beberapa waktu, bantuan untuk memulihkan wilayah Flores terus dilakukan.

Alexander Idong, Bupati Flores pada saat itu, bersama jajarannya terus bekerja keras memperbaiki keadaan di wilayah Flores yang terkena dampak paling parah, seperti Ende, Flores Timur, Sikka, dan Ngada. Pemerintah daerah dan pusat pun gencar melakukan banyak perbaikan infrastruktur, terutama tempat tinggal warga yang rumahnya sudah tidak dapat dihuni. Perlahan-lahan Flores bisa kembali bangkit dari keterpurukan hingga akhirnya dapat pulih dari gempa bumi tersebut.

Pada abad ke-20 setidaknya terjadi 14 gempa besar, dengan tiga diantaranya memicu terjadinyau tsunami. Yang pertama terjadi pada Oktober 1977, gempa dengan magnitudo 5,9 yang lalu diikuti tsunami menerjang Sumbawa. Sepuluh tahun kemudian, pada bulan November 1987, giliran Pulau Flores bagian timur yang diporakporandakan oleh gempa dan tsunami.

Lalu yang ketiga dan terakhir adalah gempa dan tsunami yang paling mematikan di abad ke-20 itu tentu saja adalah gempa di Laut Flores yang terjadi pada 12 Desember 1992. Asal mula gempa di Laut Flores itu adalah Flores Back Arc Thrust atau jamak dikenal sebagai Sesar Naik Flores—sesar yang juga menjadi penyebab rentetan gempa besar di Lombok pada Agustus 2018 lalu.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password