Inilah 5 Pengusaha Muda Yang Bisa Jadi Inspirasi Generasi Milenial

Nadiem Makarim sukses dengan ide sederhananya bagaimana layanan ojek go online (technosite)

Bosscha.id – Di sekitar lingkungan kita, banyak dijumpai kaum muda yang mengeluh tentang pekerjaannya sebagai karyawan. Mulai dari soal gaji yang tak kunjung naik, lingkungan kerja yang tidak kondusif, dan masih banyak lagi keluhan-keluhan lainnya.

Banyak orang di sekitar kita atau mungkin kamu sendiri yang berprofesi sebagai karyawan sebuah perusahaan yang mendambakan kesuksesan namun terhambat oleh alasan-alasan yang telah disebutkan di atas. Jika itu menjadi alasannya, nampaknya kamu harus mulai mencoba banting setir menjadi seorang pengusaha.

Mengganti profesi dari karyawan menjadi seorang pengusaha memang tak mudah, apalagi bagi kamu, generasi milenial yang sudah terbiasa dan nyaman menjadi seorang karyawan. Tapi apa salahnya jika kita coba terlebih dahulu, selagi usia masih muda, agar kamu tahu sejauh mana kemampuanmu untuk mencoba terobosan baru dalam hidup.

Dan jika kamu mempunyai kenginan menjadi seorang pengusaha, kali ini bosscha.id telah merangkum 5 sosok pengusaha muda yang sukses mengembangkan usahanya. Siapa tahu ini akan memberikan acuan atau inspirasi bahkan keberanian buat kamu khususya generasi milenial untuk mulai membuka peluang menjadi pengusaha.

Ahmad Zaky

Sumber Foto: pluginongkoskirim.com

Di era sekarang setiap orang pasti suka belanja online di berbagai situs jual-beli online yang sekarang sudah mulai berhamburan. BukaLapak salah satunya, situs jual beli online satu ini merupakan salah e Commerce terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Ahmad Zaky.

Berkat ketertarikannya pada dunia informatika sejak duduk di bangku SD, kegigihannya kini membuahkan hasil yang mengantarnya menjadi wirausahawan muda yang sukses. Meski sudah didirikan pada tahun 2010, tapi perjalanan BukaLapak tidak semulus yang orang bayangkan.

Pada awal kemunculannya, masyarakat masih awam tentang jual-beli online sehingga tingkat kepercayaan masyarakat minim. Tapi lambat laun, berkat ketekunan sang pendiri yang lahir pada tanggal 24 Agustus 1986 ini BukaLapak mulai dikenal dan menerima banyak investasi dari dalam negeri maupun luar negeri.

William Tanuwijaya

Sumber Foto: http://www.kenangan.com

Mungkin ada beberapa orang yang masih asing dengan nama William Tanuwijaya, tapi pasti mereka tahu Tokopedia. William Tanuwijaya merupakan pendiri situs jual-beli Tokopedia. Pria kelahiran 11 November 1981 ini adalah seorang anak daerah yang merantau ke ibukota setelah lulus SMA dan meneruskan pendidikan sarjananya di Jakarta.

Langkah William menjadi pengusaha sukses seperti sekarang ini, tidaklah mudah. Ia bahkan pernah menjadi penjaga warnet untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Dari menjaga warnet inilah, dia mengenal dunia internet secara lebih dalam.

Setelah menjadi penjaga warnet, William bekerja di beberapa perusahaan software dan game developer. Dari berbagai macam pengalamannya inilah, ia kemudian memutuskan untuk merintis Tokopedia pada tahun 2009.

Baca Juga:   Mengenal Ringo Starr, Sosok Penting yang Menyatukan The Beatles

Ferry Unardi

Sumber Foto: http://www.maxmanroe.com

Ferry Unardi, pria kelahiran 16 Januari 1988 yang telah berhasil mendirikan Traveloka, situs mesin pencari tiket pesawat, kereta, dan hotel untuk bepergian. Bagi kamu yang gemar traveling pasti sudah tak asing lagi dengan situs satu ini.

Ketika Ia masih di bangku kuliah, tercetus sebuah ide untuk membangun perusahaan rintisan (startup) yang memfokuskan pada pencarian tiket pesawat.

Berhubung ide startup yang Ferry miliki sangat unik, tak heran kalau ada banyak sekali investor yang tertarik menanamkan sahamnya di sana. Sejak didirikan pada tahun 2012, Traveloka tetap menjadi situs pencari tiket pesawat terfavorit di negeri ini.

Hendy Setiono

Sumber Foto: http://www.fimela.com

Siapa yang mengira dari bisnis gerobak yang ia miliki ini, bisa menjadikan Hendy Setiono sebagai pengusaha sukses yang bisnisnya telah berkembang hingga 1.200 outlet, baik di dalam hingga luar negeri.

Hendy Setiono mendirikan Kebab Baba Rafi bersama istrinya sejak tahun 2007. Pria yang lahir pada 30 Maret 1983 ini, awalnya memperoleh ide usaha kuliner Timur Tengah saat dirinya sedang berkunjung ke Qatar. Modal awal yang ia miliki pada saat itu hanya Rp 4 juta saja sehingga ia hanya bisa membuka gerai makanan di gerobak yang kemudian dikembangkan dengan cara franchise.

Ternyata sistem ini sangat efektif dan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, franchise Kebab Baba Rafi menjadi idola dan banyak diburu konsumen. Hingga saat ini, bisnis Hendy Setiono sudah melebarkan sayap hingga ke Malaysia, Filipina, China, dan Sri Lanka.

Nadiem Makarim

Sumber Foto: http://www.liputan6.com

Siapa tak kenal nama Nadiem Makarim?, sosok pemuda yang baru saja diangkat menjadi menteri oleh Presiden Jokowi ini adalah sosok pengusaha muda yang sukses. Lelaki yang lahir pada 4 Juli 1984 ini sudah menjadi sukses berkat usaha ojek onlinenya yang diberi nama GoJek.

Sebelum sukses mendirikan GoJek, Ia sempat bekerja terlebih dahulu di sebuah perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, terakhir sebagai Chief Innovation officer di Kartuku.

Merasa ingin lebih sukses, pada tahun 2015, Nadiem kemudian mendirikan PT GoJek Indonesia yang merupakan penyedia jasa transportasi ojek berbasis online. Pendirian usaha ini awalnya karena Nadiem melihat permasalahan utama para penyedia jasa ojek di Indonesia yang kurang produktif karena kesulitan mendapatkan penumpang.

Meski sempat dianggap remeh karena ide usahanya tidak masuk akal dan mendapat cibiran banyak pihak, tapi Nadiem tetap gigih mempertahankannya sehingga dirinya bisa meraih kesuksesan seperti sekarang ini.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password