HP Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp & Akun Delete Otomatis

Ilustrrasi: extra.ie

Bosscha.id– Bagi pengguna Windows Phone ucapkan selamat tinggal pada WhatsApp. Pasalnya, sejak 31 Desember 2019 selamanya WhatsApp tak akan bisa digunakan di ponsel besutan Microsoft ini.

Mengutip CNBC Indonesia, pengguna ponsel android Nokia disarankan menggunakan ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1+, termasuk JioPhone dan JioPhone 2 untuk bisa menggunakan WhatsApp.

Selain itu,WhatsApp tidak akan bisa digunakan pada ponsel yang menjalankan operating system 2.3.7 (gingerbread) ke bawah serta iPhone yang menggunakan iOS 8 ke bawah. Kebijakan ini berlaku 1 Februari 2020.

Ponsel dan iPhone jenis ini tidak akan dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada. Bagi pengguna ponsel ini disarankan untuk mengupdate sistem operasi yang lebih tinggi atau mengganti ponsel segera. 

Ponsel ini tidak bisa menggunakan WhatsApp karena aplikasi milik Facebook ini memutuskan tidak memberikan dukungan lagi. Bagi pengguna lain tetap tenang sebab tidak akan terpengaruh.

WhatsApp menghentikan dukung ponsel ini karena fitur-fitur terbaru WhatsApp membutuhkan sumber daya yang berat dan membutuhkan ponsel dengan RAM yang cukup dengan OS terbaru.

“Kami tidak akan lagi aktif mengembangkan untuk sistem operasi itu, beberapa fitur mungkin berhenti berfungsi kapan saja. Jika saat ini Anda menggunakan sistem operasi yang lebih lama, kami sarankan untuk meningkatkan ke versi yang lebih baru …,” kata WhatsApp dalam postingan blog-nya seperti dikutip Rabu (11/12/2019).

Baca Juga:   Jangan Install 3 Aplikasi Ini Bila Tak Ingin Kena Masalah!

Akun WhatsApp Terhapus Otomatis

Ternyata akun WhatsApp bisa dihapus secara otomatis karena ada masa kadaluarsanya. Jika tidak aktif selama 120 hari maka akun WhatsApp akan terhapus secara otomatis.

Hal ini terjadi di Khasmir, India Utara. Penggunanya mengeluh akun WhatsApp hilang dari ponsel setelah blokir internet dicabut. India menjatuhkan sanksi blokir internet pada Agustus lalu karena alasan keamanan negara dan baru mencabutnya.

Juru bicara Facebook mengatakan untuk menjaga keamanan dan membatasi retensi data, akun WhatsApp umumnya kadaluarsa setelah 120 hari tidak aktif. 

Untuk bisa menggunakan WhatsApp pengguna harus ditambahkan kembali (re-add) ke grup percakapan setelah mendapatkan akses ke internet.

“Kami sangat peduli terharap memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk berkomunikasi secara pribadi dengan teman dan orang yang mereka cintai di mana saja,” jelas Juru Bicara Facebook seperti dikutip dari BBC, Senin (9/12/2019).

Pada Agustus lalu, Pemerintah India memblokir internet. Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar mengatakan aksi ini karena media sosial dan internet telah digunakan untuk menyebarkan paham radikal di wilayah Khasmir.

Source: CNBC Indonesia

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password