Seorang Pemulung Tewas Tertimbun Sampah di TPA Sarimukti

Foto: Istimewa

Bosscha.id– Uci Mustopa,59, warga Kampung Sukamanah RT 02/RW 07, Desa Sarimukti Kecamatan Cipatat ditemukan tewas tertimbun sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kampung Gedig RT 04/RW 02, Desa Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Rabu (4/12) sekitar pukul 18.30.

“Korban sehari-hari menjadi pemulung berhasil dievakuasi oleh petugas gabungan. Saat berteduh di saung bambu, tiba-tiba gundukan sampah yang berada di depan saung itu menimpa korban. Korban tak sempat melarikan diri dan tertimbun,” ujar Kapolsek Cipatat, Asep Nandang, Kamis (5/12/2019).

Menurut Asep, berdasarkan keterangan saksi, sebelum kejadian korban sedang memungut sampah bersama kedua rekannya. Kemudian, turun hujan deras disertai angin kencang, dan korban pun memilih berteduh di sebuah saung bambu.

“Saat mengetahui Uci tertimbun, kedua temannya langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Cipatat,” tuturnya.

Asep menambahkan, meski tubuh korban berhasil dievakuasi oleh anggota kepolisian dibantu warga sekitar setelah hujan reda, nyawa Uci tak terselamatkan.

“Keluarga korban menganggap kejadian ini sebagai musibah. Sehingga jenazah korban dibawa pulang oleh keluarganya, dan keluarga menolak untuk dilakukan autopsi. Jenazahnya sudah dimakamkan,” katanya.

Baca Juga:   Dampak Covid-19, RPJMD KBB 2018-2023 Direvisi

Kasi Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Bandung Barat (KBB), Saiful Uyun menambahkan, selain menyebabkan tumpukan sampah longsor dan menimbun korban, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan bangunan ukuran 12×8 meter rusak berat.

“Untuk penanganan kami koordinasi dengan pemangku kepentingan, mengidentifikasi dan melakukan penanggulangan tempat kejadian bencana. Kami juga meminta keterangan saksi, pemetaan, evaluasi, dokumentasi dan memberikan bantuan tenaga,” katanya. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password