Sejarah 6 Desember: Lahirnya Daniel Sahuleka, Penyanyi Jazz Kelas Dunia Asal Indonesia

Daniel Sahuleka tampil memukau sebagai penyanyi Jazz kelahiran Indonesia (gstatic.com)

Bosshca.id – Daniel Sahuleka adalah seorang penyanyi jazz kelas dunia berkewarganegaraan Belanda yang memiliki darah keturunan Ambon. Musisi berdarah campuran antara Maluku dan Sunda ini lahir di Semarang pada 6 Desember 1950.

Pria yang memulai debut musiknya pada tahun 1976 ini merilis single pertamanya di Eropa, yang berjudul You Make My World So Colorful. Daniel mulai terkenal di Indonesia lewat lagunya Don’t Sleep Away the Night yang dirilis pada medio 1980-an.

Pada awal karir Daniel Sahuleka sebagai musisi di Belanda, tidaklah berjalan mulus. Saat karir musiknya belum sukses seperti saat ini, untuk menafkahi keluarga, ia harus bekerja sebagai teknisi listrik, disela-sela manggung dari kafe ke kafe.

Pada usia 18 tahun, Daniel sudah terdaftar sebagai pegawai perusahaan listrik bernama HF Waalders Winterswijk. Penghasilannya bisa dibilang lumayan, yakni 1.200 Gulden per bulan, jika dihitung dengan kurs saat ini, nilainya mendekati angka 10juta. Waktu itu ia berpikir jika mengandalkan penghasilan dari musik, saat itu belumlah ada kepastian. Maka menjadi teknisi pun rela ia lakukan.

Berkat dukungan sang istri, Alice Sahuleka, garis hidupnya kemudian mulai berubah. Perempuan asli Belanda itu menyarankan agar Daniel masuk dapur rekaman. Meski awalnya saran itu diabaikan, tapi Daniel akhirnya merekam lagu-lagunya pada 1976.

Baca Juga:   Sejarah 9 Juli: Peristiwa ‘Geger Cilegon’, Perlawanan Rakyat Banten Terhadap Belanda

Penyanyi pop asal negeri kincir angin Rudy Bennett, akhirnya membuka jalan untuk karir Daniel di dunia musik. Ia mengajak Daniel untuk rekaman di Polydor Records, sebuah label rekaman yang dimiliki Universal Music Group, di Blaricum, Belanda Utara.

Di studio itulah lagu legendaris miliknya yang berjudul You Make My World So Colourful direkam, yang aransemennya digarap oleh Dick Bakker, seorang komposer asal Belanda.

Single berikutnya yang berjudul Don’t Sleep Away This Night pada 1978 pun direkam di sana, yang kemudian melejit di Eropa dan Indonesia. Sejak awal karir musiknya pada tahun 1976, Daniel sahuleka terhitung sudah merilis kurang lebih 14 album.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password