Sejarah 4 Desember: Terbentuknya Grup Musik Parodi ‘Padhyangan Project’

Sejarah 4 Desember: Terbentuknya Grup Musik Parodi ‘Padhyangan Project' 18
Padhayangan Project mengguncang panggung festival 90'an (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Bagi kalian yang tumbuh dan besar di era 90-an, tentu tidak asing lagi dengan grup musik parodi satu ini. Padhyangan Project atau lebih dikenal dengan nama P-Project atau Project-P adalah grup musik parodi asal kota Bandung yang terbentuk pada tanggal 4 Desember 1982.

Grup ini dibentuk oleh mahasiswa dari dua perguruan tinggi di Bandung, yaitu Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Maka dari itu, nama Padhyangan sendiri diambil dari nama kedua almamater tersebut yaitu ‘Pad’ dan ‘Hyangan’.

Kelompok ini didirikan sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan ide-ide “gila” anggota-anggotanya terutama dalam bidang seni. Seni panggung yang ditampilkan Padhyangan adalah sejenis drama komedi yang mengandalkan musik untuk menyampaikan ceritanya yang dikenal dengan istilah ‘kabaret’.

Para anggota kelompok ini dari tahun ke tahun silih datang dan pergi, karena memang tidak ada aturan yang jelas untuk masuk jadi anggota selain sebagai seorang mahasiswa atau mahasiswi. Beberapa personel tetap memperkuat sekaligus menjadi tulang punggung grup ini, seperti Iszur Muchtar dan Denny Chandra, yang mulai aktif di Padhyangan sejak tahun 1984, disusul Daan Aria, Joe P Project, dan Iang Darmawan, serta Wawan Hanura yang mulai aktif tahun 1986.

Padhayangan melakukan pertunjukan komersial pertama kalinya pada tahun 1986 di berbagai kota di Jawa Barat. Acaranya diselenggarakan oleh salah satu radio swasta di Bandung. Pada dekade 1988 hingga 1993, keenam anggota tetap tersebut juga mulai aktif sebagai penyiar acara humor, di Radio Oz Bandung setiap Rabu malam. Acara yang pernah mereka buat adalah “Gelak Gelitik OzG” dan “OZSerba” (OZ Serba Ada).

Baca Juga:   Sejarah 9 Desember: Terjadinya Tragedi Pembantaian Rawagede

Setelah Denden Herman bergabung dengan Padhyangan pada tahun 1994, mereka pun memberanikan diri untuk membuat album dengan merekam lagu-lagu parodi mereka. Ternyata debut album pertama mereka, berhasil meraih kesuksesan. Berawal dari sana, untuk pertama kalinya mereka tampil dalam acara komedi reguler di SCTV yang diberi nama Project-P. Dari situlah nama Padhayangan berganti menjadi Project-P.

Dari situlah mereka makin dikenal di jagat dunia hiburan tanah air, khususnya dalam bidang komedi. Seiring kesuksesannya, para anggota P-Project memiliki kesibukan masing-masing dan akhirnya mereka memutuskan untuk berpisah dan memilih mengembangkan bakatnya masing-masing di dunia hiburan dengan lebih profesional.

Pasca perpecahan P-Project, anggota yang masih aktif di dunia hiburan membentuk regerasi dari P-Project yaitu Project Pop pada tahun 1994. Project Pop beranggotakan tujuh orang yang masih bertahan sampai saat ini, yakni Kartika Rachel Panggabean (Tika), Djoni Permato (Udjo), Hermann Josis Mokalu (Yosi), Gulimar Nurohman (Gugum), Hilman Mutasi (Hilman), Muchamad Fachroni (Oon), dan W. Rudi Astadi (Odie).

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password