5 Trik Bakar Kalori Hanya Dengan Berjalan Kaki

5 Trik Bakar Kalori Hanya Dengan Berjalan Kaki 18
Berat badan menjadi permasalahan utama perempuan (freepik.com)

Bosscha.id – Jika ingin menurunkan berat badan, tentu kita perlu melakukan olahraga yang bisa membakar kalori. Jika olahraga berat, dirasa cukup menguras banyak energi, olahraga ringan pun bisa kita lakukan untuk membakar kalori.

Bukan hanya olahraga berat atau lari yang bisa membakar kalori. Aktivitas ringan seperti berjalan kaki pun bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dan membakar kalori, atau sekadar mengeluarkan keringat.

Pelatih dan penulis buku Walk Your Way to Better Health, Michele Stanten mengatakan, Anda bisa membakar kalori hanya dengan berjalan kaki. Bahkan, hasilnya bisa sama dengan saat seseorang sedang berlari.

Memang harus ada sedikit upaya, agar intensitas jalan kaki bisa sama dengan ketika kita sedang berlari. Maka berikut ini bosscha.id akan berbagi beberapa trik yang mesti kita lakukan supaya pembakaran kalori saat jalan kaki bisa maksimal.

Jalan Cepat

Jalan kaki sepelan apa pun memang bisa membakar kalori, daripada waktu kita habiskan dengan hanya rebahan di atas tempat tidur. Tapi, jika ingin lebih optimal, kita bisa melakukan brisk walking, yakni berjalan dengan kecepatan yang lebih tinggi seperti biasa. Atau, mudahnya berjalanlah seperti sedang terburu-buru.

Ayunkan Tangan Ketika Berjalan

Hal ini memang terkesan sepele, namun selain membuat jadi lebih nyaman, mengayunkan tangan sambil jalan ini bisa membakar 15 persen kalori yang lebih banyak. Bahkan ini setara dengan ketika kita lari di tempat selama 15 menit.

Baca Juga:   Gemar Makan Nasi Padang?, Simak 5 Fakta Unik Masakan Padang Berikut Ini

Menatap Ke Depan

Pertahankan penglihatan Anda hingga sekitar 6 meter ke depan dan jangan menatap ke bawah. Tegakkan bahu agar dada terbuka dan membuat punggung lebih rileks agar napas bisa ditarik lebih dalam. Cara ini terbukti efektif untuk membakar lebih kalori.

Lakukan Langkah Kecil

Jalan cepat bukan berarti setiap langkah kita harus jauh, saat Anda melangkah terlalu jauh, tubuh menjadi seperti di-rem dan lebih lambat. Stanten mengatakan, Anda bisa menaikkan satu lutut hingga mencapai etinggian pinggul agar kaki tergantung tepat di bawah lutut. Kemudian rentangkan kaki ke depan dan taruh tumit terlebih dulu di tanah.

Lakukan Dengan Rutin

Sama seperti program diet atau melakukan olahraga lainnya, jika kita lakukan cara ini secara rutin, berat bada bisa karena turun dengan signifikan karena kalori banyak terbakar. Bukan cuma turun berat badan, namun badan pun akan jadi lebih sehat dan bugar tentunya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password