5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Masa Pancaroba

5 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Pada Masa Pancaroba 18
Peralihan musim seringkali berdampak pada daya tahan tubuh (shutterstock)

Bosscha.id – Masa pancaroba atau peralihan musim selalu identik dengan hadirnya berbagai macam penyakit, seperti demam berdarah, diare, dan flu. Wajar saja, pada masa transisi musim ini, cuaca menjadi tak menentu. Siang hari matahari bisa bersinar sangat terik, lalu hujan akan turun dengan deras pada sore atau malam hari. Belum lagi dengan intensitas angin yang akan bertiup lebih kencang daripada biasanya.

Jika kondisi seperti ini, tentu saja tubuh harus memiliki stamina yang bagus, karena jika tidak, tubuh kita tidak akan mampu beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca setiap harinya sehingga  akan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, bosscha.id akan berbagi 5 tips menjaga daya tahan tubuh di masa pacaroba berikut ini.

Banyak Konsumsi Air Putih

Asupan air putih yang cukup, akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Air putih berfungsi untuk melancarkan pencernaan Anda. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi air putih di saat cuaca yang tidak menentu ini. selian itu, air putih pun mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah tubuh terkena infeksi. Biasakan membawa tumbler untuk menyimpan air dan bawalah ke manapun Anda pergi. Selain ramah lingkungan, kebutuhan air harian pun akan terpenuhi!

Konsumsi Makanan Bergizi

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat pula. Banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, yang didapatkan dari makanan. Tentu Anda tahu bahwa salah satu cara menjaga kesehatan tubuh pada masa pancaroba seperti ini adalah dengan memastikan makanan yang dikonsumsi keluarga Anda adalah makanan terbaik dan terhindar dari penyakit. Jangan lupa juga perhatikan asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, pada setiap makanan yag kita kosusmsi.

Rutin Olahraga

Terlalu sibuk bekerja atau aktivitas lain bukan berarti kita lantas melupakan pentingnya berolahraga. Justru, tanpa berolahraga, daya tahan tubuh akan semakin berkurang. Jika daya tahan tubuh kita lemah, sudah pasti penyakit musiman di saat pancaroba pun akan lebih mudah menyerang. Oleh karena itu, biasakan olahraga setiap pagi atau sore hari, minimal 30 menit. Rutinitas ini tak hanya membuat kekebalan tubuh senantiasa terjaga, selain itu tubuh juga akan terasa bugar sepanjang hari.

Baca Juga:   Sejarah 11 Desember: Wafatnya Seniman Jenius, Harry Roesli

Istirahat Cukup dan Hindari Begadang

Jika seharian kita sudah lelah beraktivitas atau bekerja. Maka Jangan sampai waktu istirahat kita pun dipakai untuk beraktivitas, karena tubuh pun butuh istirahat. Saat terlelap, tubuh akan melakukan regenerasi semua sel yang ada di dalamnya. Jika Anda kurang tidur akibat begadang, regenerasi sel tubuh tidak akan berjalan dengan sempurna. Tak hanya itu, kurang tidur juga membuat tubuh jadi lemas dan rentan terserang obesitas.

Jaga Kebersihan Lingkungan

Perhatikan lingkungan sekitar kita tinggal, baik di dalam maupun di luar rumah. Apakah kebersihannya sudah terjaga? Jika masih ada sampah yang bertumpuk di selokan atau parit di sekitar lingkungan kita, segera bersihkan. Jangan lupa juga ikat rapat-rapat semua sampah serta menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Tempat yang kotor akan menjadi rumah bagi hewan-hewan pembawa virus dan bakteri. Terlebih di musim pancaroba, hewan-hewan pembawa virus dan bakteri akan lebih banyak berkeliaran, hal ini tentu saja akan membuat kita mudah terserang penyakit.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password