Mengenal Cherophobia, Kondisi Mental yang Membuat Orang Takut Bahagia

Mengenal Cherophobia, Kondisi Mental yang Membuat Orang Takut Bahagia 18
Self-help therapy adalah cara terbaik mengatasi fobia (Bosscha.id)

Bosscha.id – Apakah Anda tahu bahwa ada sebuah perasaan khawatir yang muncul saat kehidupan berjalan terlalu baik? Atau karena semuanya berjalan terlalu bagus dan mudah untuk jadi kenyataan. Atau akan timbul perasaan takut dan cemas jika kebahagian akan datang menghampiri.

Beberapa orang yang tidak bisa menghalau perasaan cemas tersebut adalah orang-orang yang memiliki keengganan atau takut untuk berbahagia. Orang seperti itu mengidap suatu kondisi yang dinamakan Cherophobia. Istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani “chairo” yang artinya “bersuka cita”. Jadi, secara umum, cherophobia berarti ketakutan untuk bersuka cita atau merasa bahagia.

Tapi bukan berarti mereka tidak mau mengikuti aktivitas yang menyenangkan. Namun, pengidap cherophobia merasa, apabila mereka terlalu bahagia, mereka berpikir bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadi. Tapi tak jarang juga penderita cherophobia cenderung menghindar setiap kali ada yang sedang melakukan selebrasi atas suatu hal yang menyenangkan di lingkungan sekitarnya.

Phobia yang merupakan salah satu kelainan mental ini sering kali tidak disadari baik oleh penderitanya, maupun oleh orang-orang di sekitarnya. Lalu apa yang menjadi penyebab seseorang bisa sampai menderita cherophobia?.

Sama seperti phobia lainnya, cherophobia ini disebabkan oleh faktor eksternal (trauma fisik atau emosional akan kejadian masa lalu yang pernah dialami) dan faktor internal (kepribadian atau genetik). Seseorang dengan kepribadian introvert memiliki peluang yang lebih besar untuk mengidap phobia terhadap rasa bahagia ini, karena pada dasarnya introvert lebih suka berkegiatan sendiri.

Selain introvert, seorang perfeksionis juga memilik peluang yang sama besarnya. Mereka akan merasa bahwa bersenang-senang adalah kebiasaan yang dilakukan oleh orang pemalas dan tidak produktif. Maka dari itu, mereka cenderung memilih untuk menghindari aktivitas yang diasosiasikan dengan rasa bahagia.

Selain merasa tertekan karena takut akan datangnya rasa bahagia, penderita cherophobia ini juga merasakan gejala-gejala fisik seperti kepala pusing, jantung berdebar, sesak napas, dan mual-mual. Dalam kasus yang lebih ekstrem, fobia ini dapat memicu munculnya anxiety disorder.

Kalau sudah sampai tahap ini, penderitanya bisa-bisa bukan hanya menghindari hal-hal bahagia, mereka juga dapat menghindari situasi, orang-orang, atau lingkungan dari kehidupan sehari-harinya. Jika gejala phobia ini berlangsung selama lebih dari 6 bulan, penting bagi penderitanya untuk berkonsultasi kepada psikolog ataupun hypnotherapist.

Lalu bagaimanakah cara menangani Cherophobia ini?, Self-help therapy adalah cara terbaik untuk mengatasi berbagai jenis fobia, termasuk cherophobia ini. Kuncinya adalah penderita harus belajar untuk mengontrol rasa cemas dan paniknya ketika dihadapkan dengan rasa bahagia.

Penderita dapat mempelajari berbagai macam teknik relaksasi seperti teknik pernapasan atau meditasi yang mampu menenangkan rasa cemas yang sedang dialami. Penderita juga bisa belajar untuk melakukan aktualisasi diri agar dapat adaptif dengan masa kini dan tidak terlalu mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa depan atau apa yang sudah terjadi di masa lalu.

Cherophobia bisa menjadi sebuah masalah yang serius ketika gejalanya mulai mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Kecemasan yang diakibatkan oleh phobia ini memerlukan bantuan tenaga profesional untuk menanganinya.

Cara paling populer untuk menangani cherophobia adalah dengan cara konsultasi dengan psikolog ataupun hypnotherapist. Dengan berkonsultasi dengan psikolog, penyebab utama dari cherophobia yang diderita dapat dideteksi dan dicari solusi terbaiknya. Seperti beberapa gangguan kecemasan lainnya, Cherophobia bisa ditangani dengan beberapa metode seperti cognitive behavioral theraphy (CBT) atau hipnoterapi.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password