Catat! Ini 5 Manfaat Musik Bagi Otak Manusia

Catat! Ini 5 Manfaat Musik Bagi Otak Manusia 18
Mendengarkan musik dapat memperlancar aliran darah ke otak (Bosscha.id)

Bosscha.id – Musik merupakan salah satu elemen yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan kita. Sebagian orang bahkan ada yang tak bisa terlepas dari musik ketika sedang melakukan aktivitasnya. Beragam alasan yang menjadikan mereka tak bisa lepas dari musik, ada yang menjadi tambah bersemangat dalam beraktivitas jika sambil mendengar musik, atau menjadi lebih rileks dan tenang dalam beraktivitas.

Hal itu bisa terjadi karena rangkaian nada dari musik juga dapat mempengaruhi bagaimana otak bekerja dan merespon stimulus, baik dari luar maupun dalam tubuh. Fenomena bagaimana musik dapat mempengaruhi otak manusia memang sudah diteliti sejak lama. Dan kali ini bosscha.id akan merangkum 5 manfaat musik bagi otak.

Meningkatkan Kemampuan Motorik

Ternyata berlatih alat musik dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik dan penalaran kita. Hal ini berdasarkan hasil sebuah riset yang dipublikasikan di jurnal PLOS One.

Dalam riset tersebut ditemukan bahwa anak-anak yang dilatih menggunakan alat musik minimal selama tiga tahun, ternyata memiliki tingkat kemampuan motorik dan pengenalan suara yang lebih baik dibanding anak-anak yang tidak dilatih memainkan alat musik. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan kosa kata dan juga daya talar yang lebih tinggi.

Memicu Distraksi

Distraksi terjadi saat otak tidak merespon suatu rangsangan secara normal. Hal tersebut tentu bermanfaat jika kita ingin menghindari rangsangan yang membuat kita berhenti beraktivitas, contohnya saat kita sedang berolahraga.Saat berolahraga, stimulus yang paling sering muncul adalah rasa lelah yang dikirimkan tubuh kepada otak, yang memberi perintah untuk berhenti dan beristirahat.

Dengan mendengarkan musik, otak akan lebih banyak memproses suara yang diterima, dibandingkan fokus pada rasa lelah. Tetapi cara ini mungkin hanya efektif untuk aktivitas olahraga ringan dengan gerakan berulang, serta tidak menimbulkan rasa nyeri, dan untuk menghasilkan efek distraksi yang efektif, dengarkan jenis musik yang membuat Anda termotivasi, pilih musik dengan tempo yang sedang, tidak terlalu cepat dan berisik.

Baca Juga:   Gemar Makan Nasi Padang?, Simak 5 Fakta Unik Masakan Padang Berikut Ini

Memperlancar Aliran Darah ke Otak

Pengaruh ini terjadi lebih tepatnya pada musisi atau orang yang sedang bermain musik. Sebuah konferensi psikologi sosial di Birmingham pernah mengatakan bahwa darah pada tubuh orang yang bermain musik mengalir lebih baik dan menyebabkan seluruh bagian otaknya aktif dan berfungsi dengan baik. Penelitian lainnya mengungkapkan, waktu yang dibutuhkan darah untuk mengalir baik ke otak ialah setengah jam setelah bermain musik ringan.

Mengendalikan Gejala Alzheimer

Penyakit alzheimer umumnya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, meskipun ada juga penderitanya yang masih berusia muda. Penyakit ini menyebabkan penderitanya sangat susah mengingat banyak hal. Lebih buruknya, sistem kerja otak kian hari akan kian memburuk.

Namun rupanya, gejala alzheimer yang terlihat hadir pada seseorang dapat dikendalikan dengan musik sehingga tidak berkembang dengan begitu cepat. Musik yang diperdengarkan kepada penderita alzheimer akan menghidupkan sel otak yang masih sehat untuk bisa bertahan lebih lama. Hasilnya, ingatan yang masih ada dapat terjaga, dan aktivitas orang yang menderita pun menjadi sedikit lebih baik.

Membantu Pertumbuhan Otak Pada Bayi Yang Lahir Prematur

Bayi yang lahir prematur memiliki peluang mendapatkan masalah neuropsikologis pada otaknya yang sedang tumbuh. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dicoba oleh ilmuwan kesehatan adalah musik. Seperti penelitian yang dilakukan di University of Geneva dan the University Hospitals of Geneva, dua perguruan tinggi di Swiss.

Hasil penelitian membuktikan, jaringan syaraf bayi prematur terutama pada fungsi kognitif dan sensorik mengalami perkembangan jauh lebih baik setelah mendengarkan musik. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua musik bisa diperdengarkan. Hanya musik yang dirancang secara khusus yang bisa diperdengarkan kepada bayi prematur.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password