Bandung Barat Dapat Suntikan Rp 6,3 Miliar untuk Penanganan Kemiskinan

Ngurus Lembur ala Bupati KBB Aa Umbara
Bosscha.id

Bosscha.id– Kementerian Sosial memberikan bantuan untuk penanganan kemiskinan di Bandung Barat senilai total Rp 6,3 miliar. Bantuan tersebut untuk perbaikan 245 rumah tak layak huni, bantuan untuk 134 kelompok usaha bersama, serta bantuan perbaikan sarana lingkungan di 2 lokasi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial KBB Abun Bunyamin didampingi Kasi Pemberdayaan Fakir Miskin Dian Suhartini mengungkapkan, di Kabupaten Bandung Barat bantuan untuk penanganan fakir miskin tersebut akan terintegrasi dengan pengembangan desa wisata.

“Sesuai agenda Pak Bupati, ada 10 desa wisata yang akan dikembangkan. Jadi tahun-tahun berikutnya, bantuan pusat akan diarahkan ke desa-desa wisata tersebut,” katanya, Senin (24/11/2019).

Abun menyebutkan, dari sejumlah bantuan dari Kemensos tersebut, Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta mendapatkan alokasi anggaran yang paling besar dengan total Rp 2,65 miliar. Hal ini disebabkan bantuan pusat kini terintegrasi dengan pengembangan desa wisata.

Bandung Barat Dapat Suntikan Rp 6,3 Miliar untuk Penanganan Kemiskinan 18
Salah satu tempat menarik yang paling banyak dijadikan spot foto oleh wisatawan, di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta

Adapun kata dia, bantuan tersebut terdiri atas perbaikan rumah tak layak huni sebesar Rp 2,25 miliar untuk 150 keluarga, masing-masing Rp 15 juta. Lalu, bantuan pembangunan sarana lingkungan seperti MCK dan jalan setapak di dua lokasi senilai Rp 100 juta. Dan, bantuan kelompok usaha bersama masing-masing Rp 20 juta untuk 15 kelompok.

“Di desa ini, terdapat potensi agrowisata berupa perkebunan kopi dan juga merupakan daerah sentra madu. Selain itu, berbagai bantuan lainnya juga diberikan untuk Desa Mekarwangi berupa pembinaan dan penyuluhan dari berbagai dinas terkait,” tuturnya.

Baca Juga:   Seorang Pemulung Tewas Tertimbun Sampah di TPA Sarimukti

Meski demikian, dia mengakui, bantuan dari pusat belum bisa menyentuh semua kebutuhan di Bandung Barat untuk menangani kemiskinan. Untuk itu, sisanya akan diupayakan dari sumber bantuan lain selain dari anggaran pemerintah, seperti dari dana CSR perusahaan dan instansi lainnya.

“Ada beberapa potensi anggaran yang perlu kami gali. Dan itu bisa dimanfaatkan untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani kemiskinan,” katanya.

Lebih lanjut Abun menjelaskan, sesuai dengan aturannya, bantuan tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang. Namun, berupa bahan bangunan untuk perbaikan rutilahu dan sarana lingkungan, serta barang-baranguntuk membangun usaha.

“Selain itu, berbagai bantuan lainnya juga diberikan untuk Desa Mekarwangi berupa pembinaan dan penyuluhan dari berbagai dinas terkait,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password