Sejarah 23 November: Lahirnya Vety Vera, Sang Diva Dangdut Tanah Pasundan

Sejarah 23 November: Lahirnya Vety Vera, Sang Diva Dangdut Tanah Pasundan 18
Nama Vety Vera meledak selepas album Sedang-sedang Saja dirilis (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Vety Vera, adalah seorang penyayi dangdut asal Tasikmalaya yang sempat jadi idola pada era 90-an. Wanita cantik kelahiran Tasikmalaya pada 23 November 1973 ini mulai dikenal banyak orang sebagai Diva Dangut pada tahun 1991, lewat album Sedang-Sedang Saja, lewat hits singlenya yang juga berjudul ‘Sedang-Sedang Saja’.

Namun sebelum lagu ‘Sedang-Sedang Saja’, yang  telah berhasil melambungkan namanya di jagat huburan tanah air. Vety telah mengeluarkan Album yang berjudul ‘Si Ujang’. Namun respon msayarakat terhadap album ini masih terbilang kurang.

Lewat album keduanya yang berjudul Sedang-sedang Saja ini lah Ia mulai dikenal seantero tanah air. Bahkan album ini sukses membawanya meraih HDX Award dan pertunjukan keliling ke lima negara, Amerika, Belanda, Inggris, Prancis dan Hongaria, pada 1995.

Setelah itu, Vety banyak menghasilkan karya, Ia merilis banyak album seperti; Kok Masih KurangKira-kira DongJakarta dan KasihkuRepot Ganti BajuTerus terang SajaMachoDiraba-raba dan Gerimis.

Setelah vakum dari jagat hiburan musik tanah air selama kurang lebih 5 tahun, anak sulung dari pasangan H. Ibrahim dan Hj. Enok Emi ini meluncurkan album ke-12 nya, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-32, album itu bertajuk Suratan Cintaku (2005). Album ini berisi delapan lagu baru, ditambah satu karya maestro dangdut Indonesia, Rhoma Irama yang berjudul “Santai” yang dinyanyikannya secara duet bersama sang adik yang juga penyanyi dangdut yaitu Alam.

Pada ajang penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2006 yang berlangsung tanggal 20 Desember 2006 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta. Vety meraih penghargaan untuk Artis Solo Wanita Terbaik serta lagu “Suratan Cintaku” yang meraih penghargaan sebagai Penata Musik Terbaik dan masuk nominasi sebagai Lagu Dangdut Terbaik.

Baca Juga:   Sejarah 6 Desember: Lahirnya Daniel Sahuleka, Penyanyi Jazz Kelas Dunia Asal Indonesia

Selain dikenal sebagai Diva Dangdut dengan karakter suara yang khas, Vety juga mulai melebarkan sayapnya produser dan pencipta lagu. Ia menciptakan seluruh lagu dalam album perdana Julia Perez yang bertajuk Mau Dong Ah! (2007). Melihat perjalanan kariernya di dunia musik dangdut yang sudah malang melintang ini, nampaknya tidak berlebihan jika julukan Diva Dangdut disematkan padanya.    

Namun karirnya di dunia musik yang cemerlang, tidak berbanding lurus dengan kehidupan pribadinya, pasalnya vety sempat gagal membina rumah tangga. Vety menikah dengan Ronny Fathony yang masih saudara jauhnya melalui sebuah perjodohan pada tahun 1996.

Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai seorang anak, Daffa Veron Abdala. Sayangnya pernikahan ini tidak dapat dipertahankan. Mereka resmi bercerai pada medio September 2004 di Pengadilan Agama Bandung. Seperti halnya pernikahannya dulu yang tidak terendus publik, perceraian mereka pun tak banyak diketahui orang.

Dua tahun menjanda, Vety kemudian mengakhiri status jandanya pada 15 Juli 2006. Vety menikah dengan pria bernama Suparno. Pernikahan Vety terkesan mendadak, pasalnya ia hanya membutuhkan waktu selama satu bulan untuk saling mengenal dan kemudian langsung menikah. 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password