Ingin Akhir Pekan Jadi Lebih Produktif?, Lakukan 5 Hal Ini

Ingin Akhir Pekan Jadi Lebih Produktif?, Lakukan 5 Hal Ini 18
Jangan bermalas-malasan di akhir pekan (Shutterstock)

Bosscha.id – Setelah sepekan kita bekerja dan melakukan berbagai rutinitas, akhirnyakita sampai juga di akhir pekan. Hari dimana kita tak perlu khawatir akan dering alarm yang setiap harinya membangunkan kita untuk segera bergegas pergi bekerja dan melakukan rutinitas.

Tapi sayangnya, jika kita tidak ada agenda berlibur bersama keluarga, akhir pekan sering kali malah terlewatkan dengan sia-sia. Setelah sepekan bekerja dan melakukan berbagai rutinitas, akihir pekan memang waktu yang pas untuk me-recharge energi, caranya bisa dengan berlibur atau hanya “bermalas-malasan” selama akhir pekan.  

Tapi ada baiknya jika kita mengisi libur akhir pekan ini dengan sesuatu yang lebih produktif, dibanding hanya tidur sepanjang hari. Lantas, hal apa saja kah yang perlu kita lakukan agar akhir pekan ini menjadi lebih produktif?, kali ini bosscha.id akan berbagi 5 hal yang bisa membuat akhir pekan kita menjadi lebih produktif.

Tetap Bangun Pagi

Akhir pekan memang saat yang tepat untuk beristirahat, namun jangan lakukan hal itu secara berlebihan, dengan hanya tidur seharian. Meskipun akhir pekan, cobalah untuk bangun di jam yang sama seperti hari biasa ketika kita beraktivitas. Lalu kerjakan rutinitas pagi yang akan membuat akhir pekan jadi lebih bermanfaat, seperti meminum teh atau kopi, membaca buku di taman atau hanya sekadar memandang matahari terbit dan menghirup udara segar. Atau cari sendiri kegiatan yang membuat kita tertarik untuk melakukannya, sehingga kita akan bersemangat untuk bangun pagi.

Jangan Tunda Pekerjaan di Akhir Pekan

Menunda pekerjaan dan berniat untuk mengerjakannya pada akhir pekan justru akan membuat kita malas menyambut akhir pekan. Saat terbangun di pagi hari, kita akan langsung memikirkan pekerjaan yang menumpuk itu. Hal ini justru akan semakin membuat kita tidak produktif. Malah akhirnya bisa jadi pekerjaan itu tidak akan kita kerjakan karena sudah penat dengan rutinitas harian di tempat kerja, dan akhirnya itu akan membuat kita enggan untuk beranjak dari tempat tidur. Jadi sebisa mungkin gunakan waktu akhir pekan untuk hal-hal yang menyenangkan.

Baca Juga:   Gemar Makan Nasi Padang?, Simak 5 Fakta Unik Masakan Padang Berikut Ini

Sempatkan Untuk Olahraga                                                                                            

Jika kita gagal bangun pagi karena kelelahan, lalu tidak sempat melakukan olahraga di pagi hari saat, kita bisa pilih sore hari untuk menggantinya. Jika memungkinkan, kita bisa mengunjungi tempat gym terdekat. Sehingga di siang hari atau malam hari pun kita masih tetap bisa melakukan olahraga. Dengan begitu, saat akhir pekan kita bisa tetap melakukan hal produktif yang efeknya adalah kesehatan bagi tubuh.

Membersihkan Rumah

Pada saat weekday tentu ada yang tidak sempat merapikan dan berihkan rumah. Maka akhir pekan adalah saat yang tepat untuk melakukan hal itu, mulai dari bersih-bersih, mencuci pakaian, hingga merapikan lemari. Selain menjadikan akhir pekan kita jadi lebih produktif, dengan mlakukan itu kita juga telah menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan tempat kita tinggal. Dengan itu juga dijamin esok paginya kita tak akan stres mencari baju favorit yang selama ini ada di tersembunyi di lemari.

Lakukan Hobi

Agar akhir pekan lebih produktif, kita bisa melakukan hal-hal yang menjadi favorit atau hobi kita. Misalnya bermain alat musik, menulis, travelling, atau bikin kue. Dengan melakukan hal yang kita sukai, itu dapat membantu mengurangi stres, menstimulasi kreativitas, dan bahkan memberi ide dan sudut pandang segar untuk pekerjaan yang akan kita lalui pad hari-hari ke depan. Apa pun hobinya, gunakan akhir pekan untuk melakukan aktivitas yang benar-benar kita sukai, “You never know what benefit you might reap”.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password