Tanam 1.000 Pohon di Buper IP Saguling, Pramuka Nusantara: Kami Peduli Lingkungan

Anggota pramuka dari seluruh Nusantara menanam 1.000 pohon tanaman keras di sekitar Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power (IP) Saguling, Kabupaten Bandung Barat/Bosscha.id

Bosscha.id– Anggota pramuka dari seluruh Nusantara menanam 1.000 pohon tanaman keras di sekitar Bumi Perkemahan (Buper) Indonesia Power (IP) Saguling, Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (20/11/2019). Aksi penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian kegiatan anggota pramuka peserta Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional Tahun 2019 yang diselenggarakan Kwartir Nasional (Kwarnas) bekerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kabag Program dan Evaluasi Sepdikjen Panalogi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Hidup dan Lingkungan Tryono Saputro berharap, dengan adanya agenda terse but sehingga Kwarcab KBB bisa memeliharanya sehingga lingkungan di sekitar buper jadi teduh.

Apalagi, sebagian tanaman tersebut bisa dimanfaatkan, karena diantaranya terdapat tanaman berbuah.

“Aksi ini bukan hanya sebatas seremonial saja. Ini salah satu aksi sosial dari kegiatan Pertikawan, selain beberapa kegiatan lainnya selama berada di subcamp.Lumayan kan kalau berbuah, bisa dinikmati hasilnya,” ucap Tryono disela-sela gerakan menanam pohon.

Kunjungan pertama rombongan anggota pramuka tersebut ke PT IP, diterima oleh manajemen IP yang diwakili Manajer Administrasi Sentot  Kristanto. Dari Kwarcab Gerakan Pramuka KBB dihadiri Ketua Harian H. Anwar Sadeli dan sejumlah pengurus lainnya.

Selanjutnya peserta Pertikawan ini, diberikan pembekalan materi tentang operasional Waduk Saguling sebagai pembangkit tenaga listrik untuk Jawa Bali.

Pramuka Nusantara peduli lingkungan/Bosscha.id

Menurut Tryono, rangkaiaan kegiatan Pertikawan selama di KBB selain diberikan materi tersebut, mereka juga dibawa Power House PT IP untuk mengetahui operasional tenaga pembangkit listrik tersebut.Adapun selanjutnya, mereka langsung menuju Buper IP Saguling untuk mendapatkan pembelajaran tentang pemetaan penggunaan drone, melakukan penanaman pohon di sekitar Buper IP dan malamnya ada temu tokoh.

“Intinya kegiatan ini kita memberikan pengetahuan tentang berbagai hal yang bermanfaat bagi mereka. Terutama menyangkut lingkungan hidup,” terang Tryono.

Baca Juga:   Dampak Covid-19, RPJMD KBB 2018-2023 Direvisi

Lebih lanjut Troyno menyebutkan, yang hadir dalam acara Pertikawan tersebut totalnya 177 orang, sudah termasuk pendamping dari Panalogi. Mereka bermalam di Buper IPS hanya semalam saja.

“Kegiatan ini digelar selama dua hari semalam. Mulai hari ini  (Rabu, 20/11/2019) dan besok (Kamis, 21/11/2019). Besok sepulang dari buper, agendanya refreshing ke Ciwalk (Cihampelas Walk Kota Bandung),” ujar Tryono.

Sementara itu, terpisah Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Junaedi menyatakan pihaknya berbangga hati diberikan kesempatan menjadi tuan rumah Pertikawan.

“Ini sebuah penghargaan bagi kita diberikan kesempatan untuk jadi tuan rumah. Mudah-mudahan saja, ini bukan kerjasama yang pertama dan terakhir,” tutur Aseng.

Ia juga mengucapkan terimakasih pada KLHK, PT IP dan BPWC atas kerjasamanya selama berlangsungnya Pertikawan di KBB. Menurutnya, keterlibatan PT IP dan BPWC dalam acara Pertikawan, merupakan bagian dari kewajiban dua perusahaan pemerintah ini sebagai Wakil Ketua Majelis Pebimbing Cabang (Waka Mabicab) Kwarcab Gerakan Pramuka KBB.

“Sudah selayaknya, kalau IP dan BPWC turut serta dalam kegiatan kepramukaan seperti ini dibanding perusahaan swasta. Kita sama-sama harus mensupport, untuk menciptakan manusia Pancasila ini sesuai dengan Dasa Dharma,” tuturnya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password