Ternyata Inilah 4 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Ternyata Inilah 4 Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan 18
Selain segar air kelapa juga kaya akan manfaat (Shutterstock)

Bosscha.id – Minum air kelapa bisa dijadikan pilihan alternatif untuk mengembalikan kesegaran tubuh di tengah cuaca yang panas. Air kelapa memiliki rasa khas yang enak, sehingga cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas berat atau banyak mengeluarkan keringat.

Selain untuk mengusir rasa haus dan memberikan efek segar bagi tubuh, air kelapa juga punya segala khasiat yang dapat membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh. Walaupun air kelapa memiliki segudang manfaat untuk tubuh Dan kali ini bosscha.id telah merangkum dari berbagai sumber mengenai 4 manfaat minum air kelapa untuk kesehatan tubuh, simak artikelnya berikut ini.

Rehidrasi                 

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan plasma yang cukup banyak, sehingga cocok untuk mengembalikan cairan tubuh yang banyak terbuang. Maka dari itu, air kelapa sangat baik diminum ketika Anda terserang diare. Karena ketika kita terserang diare, cairan tubuh kita berkurang drastis yang dampaknya kita kehilangan banyak cairan tubuh. Maka dengan berbagai kandungan tabf disebut di atas, air kelapa sangat cocok untuk menggantikan cairan tubuh yag sudah banyak terbuang.

Bantu kendalikan Tekanan Darah

Dalam sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal, menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi. Bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa secara rutin, tekanan darah tinggi secara signifikan akan menurun.  Hal ini bisa terjadi karena pada air kelapa banyak mengandung potassium dan magnesium. Potassium berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan kadar sodium di dalam tubuh.

Bantu Turunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, rutinlah meminum air kelapa. Kenapa bisa demikan?, hal ini bisa terjadi karena air kelapa memiliki kalori yang rendah namun tidak berbahaya untuk kesehatan lambung. Kandungan bio aktif enzim di dalamnya membantu metabolisme dan menghancurkan lemak. Selain itu, potassium pada air kelapa yang membantu mengontrol sodium di dalam tubuh. Seperti diketahui, terlalu banyak sodium akan mengikat banyak air sehingga tubuh Anda akan berat oleh air (istilah lainnya water weight).

Mencegah Penuaan Dini

Air kelapa mengandung asam laurat dan Cytokinins yang berguna untuk proses pertumbuhan dan regulasi sel kulit tubuh. Kandungan Cytokinins yang ada pada Air kelapa, memiliki fungsi menghambat penuaan pada sel-sel tubuh. Selain itu, jika sel-sel tubuh terus beregenerasi dengan baik, risiko penyakit degeneratif juga akan berkurang.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password