Ada “Mobil Setan” Si Raja Jalanan Bogor-Sukabumi

Ada “Mobil Setan” Si Raja Jalanan Bogor-Sukabumi 18
Angkutan umum jurusan Bogor-Sukabumi yang melaju kencang dan dijuluki "mobil setan" (Dok.Istimewa)

Bosscha.id – Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata Mobil setan?, mungkin Anda berpikir jika itu adalah mobil angker yang dihuni banyak setan atau makhkuk halus lainnya. Jika Anda berpikir seperti itu, maka duguaan anda keliru.

Mobil setan yang dimaksud ini adalah hanya julukan untuk mobil jenis Mitsubishi Colt L300 yang dipakai sebagai mobil angkutan umum jurusan Bogor-Sukabumi. Bagi Anda warga asli Bogor atau Sukabumi, pasti sudah tidak asing lagi dengan julukan mobil angkutan satu ini.

Tapi bagi Anda yang baru mendengar julukan mobil ini, pasti heran kenapa bisa dijuluki “Mobil Setan”. Julukan ini disematkan, oleh karena mobil ini sanggup melaju dengan kecepatan tinggi diatas kecepatan rata-rata, bahkan saat kondisi jalanan sedang padat sekalipun.

Maka dari itu julukan ‘Mobil Setan’ ini disematkan pada angkutan ini, karena mobil ini selalu berjalan dengan kecepatan tinggi bak setan, yang melaju seperti menantang maut. Beberapa supir mengungkapkan alasannya kenapa harus melajukan kendaraan diatas rata-rata, selain untuk kejar setoran, biasanya ada sebagian yang protes jika mobil ini melaju dengan kecepatan rendah.

Ada “Mobil Setan” Si Raja Jalanan Bogor-Sukabumi 19
Melaju seperti dikejar setan, Angkutan umum ini tetap jadi idola masyarakat (Bosscha.id)

Moda transportasi satu ini masih menjadi idola bagi sebagian masyarakat Sukabumi, Bogor dan sekitarnya. Karena dengan tarif yang relatif murah, yaitu Rp.30.000, penumpang sudah bisa menempuh jarak tempuh 60 km hanya dengan waktu kurang dari 2 jam, bahkan bisa lebih kurang lagi jika perjalanan dilakukan pada malam hari.

Untuk urusan salip menyalip di jalanan sudah menajdi keahlian dari para supir ‘Mobil Setan’ ini. Jika jalan sebelah kanan kosong, maka sang pengemudi akan langsung menyalip melalui jalur kanan walaupun melawan arus, akan terus diterobos sampai beberapa meter di depan ada kendaraan lain, baru si pengemudi dengan kesaktiannya akan segera menyodok muka mobil ke sebelah kiri untuk mengambil jalan di jalur kiri. 

Jika dalam kondisi macet, tidak jarang pengemudi mengambil jalur alternatif yaitu bahu jalan di sebelah kiri. Perilaku pengemudi yang layaknya para pembalap Formula 1 ini membuat Colt L300 dijuluki raja jalanan.

Melihat fenomena prilaku para sopir ‘Mobil Setan’ ini, tentunya bagi para penumpang yang menaiki angkutan ini, akan dapat suatu pengalaman yang cukup berkesan. Rasanya mungkin seperti menaiki roller coaster, dalam kecepatan tinggi sedikit merasa ada goncangan dan kejutan.

Sensasi tersebut akan terasa lebih menegangkan jika Anda duduk di barisan kursi depan yang sejajar dengan pengemudi. Setiap manuver dan keahlian pengemudi dapat disaksikan secara langsung. Jika sedang beruntung, penumpang akan mendapat bonus mendengar umpatan-umpatan kasar yang diucapkan para pengemudi lain yang berpapasan sangat si “Mobil Setan’ ini sedang menyalip, atau sekadar menyapa dan bergurau dengan sesama pengemudi Colt yang kebetulan berpapasan.

Yang lebih unik lagi, para pengemudi ini saling koordinasi lewat ponsel, mereka saling memberikan informasi tentang kondisi lalu lintas di sekitar atau hanya sekedar memberi informasi berapa jumlah penumpang yang menaiki mobilnya masing-masing, ajaib bukan?.

Dengan saling memberi informasi seputar kondisi lalu lintas yang sedag dilalui, para pengemudi ini pun bisa tahu update tentang kondisi lalu lintas di depan atau di belakang mereka. Coba Anda bayangkan, dengan kecepatan yang maksimal mereka masih sempat untuk menelpon, untuk sekedar memberi tahukan kondisi lalu lintas dan berapa jumlah penumpang yang sedang menaiki mobilnya masing-masing, lebih ajaib lagi bukan?.

Jadi bagi yang penasaran bagaimana sensasinya menaiki ‘Mobil Setan’ ini, kalian bisa coba datang ke Bogor atau Sukabumi untuk merasakan langsung adrenalinnya. Beberapa pengemudi angkutan ini ada yang beroprasi 24 jam.

Karena ada sebagain pengemudinya yang jalan “ngalong” atau mulai beroperasi dari malam hingga dini hari. Bagi Anda yang sedang berada di Sukabumi dan bingung mencari angkutan ini, Anda tinggal bertanya saja kepada orang sekitar, dimana keberadaan ‘Mobil Setan’ ini yang kalau di sukabumi punya nama lain yaitu ‘Colt Bogoran’.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password