Sejarah 12 November: Deklarasi Hari Ayah Nasional Diselenggarakan

Sejarah 12 November: Deklarasi Hari Ayah Nasional Diselenggarakan 18
Sosok ayah haru menjadi teman terbaik pertama anaknya (Shutterstock)

Di Indonesia kita pasti sudah familiar dengan peringatan Hari Ibu, yang diperingati setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Tapi bukan cuma Hari Ibu yang selalu diperingati setiap tahunnya, Hari Ayah pun selalu diperingati tiap tahunnya. Di Amerika Serikat, misalnya, budaya merayakan Hari Ayah sudah dimiliki sejak Juni 1910 di Negara Bagian Washington.

Bahkan di beberapa negara Eropa dan Amerika Latin, para ayah diberi penghargaan setiap 19 Maret (St Joseph’s Day). Lantas adakah peringatan Hari Ayah di Indonesia?, Hari Ayah di Indoneisa lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Setelah melalui kajian yang cukup panjang, PPIP akhirnya menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta pada tanggal 12 November 2006. Deklarasi tersebut digabungkan dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya”. Uniknya, para pemrakarsa Hari Ayah Nasional yaitu para anggota PPIP, bukanlah kaum laki-laki, melainkan didominasi oleh para wanita.

Ketua PPIP kala itu, Gress Raja mengatakan, Hari Ayah lahir karena figur ayah sebagai bagian dari keluarga juga memegang peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter keluarga. Ayah dan ibu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Pada saat deklarasi tersebut pula diluncurkan sebuah buku yang berjudul ‘Kenangan Untuk Ayah’ yang berisikan 100 surat anak Nusantara yang telah diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan piagam deklarasi Hari Ayah dan buku ‘Kenangan Buat Ayah’ kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia. Yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Baca Juga:   Sejarah 7 Desember: Sondang Hutagalung Membakar Diri Depan Istana

Sejak saat itu hingga kini, setiap tanggal 12 November tiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Semoga dengan adanya momentum Hari Ibu atau Hari Ayah seperti hari ini, bisa dijadikan ajang oleh kita untuk melakukan refleksi diri. Agar kita tak lupa akan jasa-jasa besar yang telah dilakukan oleh kedua orang tua kita.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password