Ini Tips Menggunakan Earphone yang Aman dan Nyaman Bagi Kesehatan Telinga

Ini Tips Menggunakan Earphone yang Aman dan Nyaman Bagi Kesehatan Telinga 18
Banyak kasus kemampuan pendengaran menurun akibat penggunaan earphone yang tidak benar.(Shutterstock)

Bosscha.id – Sampai saat ini, masih banyak orang yang menggunakan Earphone sebagai alat untuk mendengarkan musik, radio, bermain game, atau sekedar untuk menelpon jika kedua tangannya sedang sibuk. Namun faktanya, hingga hari ini tidak sedikit orang yang menggunakan earphone tidak secara bijak, sehingga akhirnya malah membuat efek sakit pada telinga.

Mendengarkan musik dengan volume kencang bagi sebagian orang dapat membantu mereka lebih konsentrasi saat bekerja. Akan tetapi, hati-hati. Cara penggunaan earphone yang keliru ini dapat berdampak buruk pada pendengaran kita.

Berdasar pada penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, sebanyak 51% persen remaja SMA mengalami penurunan pendengaran akibat paparan suara musik yang terlalu kencang. Penelitian lain yang dilakukan oleh WHO juga menemukan hal yang sama.

Sebanyak 43 juta penduduk dari usia 12-35 tahun mengalami penurunan pendengaran, dan dari sekian banyak penyebab, setidaknya 50% kasus tersebut terjadi akibat penggunaan earphone dengan volume suara terlalu kencang. Lantas, seperti apakah cara menggunakan earphone yang benar dan aman bagi telinga?, simak artikel bosscha.id kali ini.

Batasi volume dan durasi pemakaian

Volume yang dianjurkan dalam penggunaan earphone itu tidak lebih dari 60% dari volume maksimal. Karena kekuatan suara lebih dari 85 dB (setara dengan suara buldoser) dapat mempengaruhi pendengaran. Selain volume, durasi pemakaian juga mempunyai pengaruh besar terhadap kesehatan telinga. Pemakaian yang dianjurkan adalah selama 90 hingga 120 menit saja, itu pun harus diberi jeda. Kita harus melepaskannya beberapa kali agar telinga mendapatkan waktu istirahat. Jika kita adalah tipe orang yang sangat suka mendengarkan musik kapan pun dan di mana pun, gunakanlah speaker ketika sedang menyetir atau berada di rumah.

Baca Juga:   Gemar Makan Nasi Padang?, Simak 5 Fakta Unik Masakan Padang Berikut Ini

Hindari penggunaan earphone saat hendak tidur

Tidur dengan menggunakan earphone akan membuat telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone. Mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone membuat otak jadi kurang beristirahat. Selain itu, diklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone juga diduga dapat merusak sel-sel pada otak. Jika kita ketiduran dengan kondisi earphone masih terpasang itu sudah pasti akan memberikan pengaruh buruk pada telinga, karena sepanjag malam bahkan hinga pagi telinga kita tak beristirahat.

Pilih earphone yang memiliki kemampuan noise blocking

Secara sederhana, noise blocking berfungsi untuk memblokir suara eksternal. Earphone dengan kemampuan ini memungkinkan kita bisa mendengarkan suara secara jernih tanpa harus mengeraskan volume untuk mengalahkan suara di luar headphone. Jadi kita akan mendengarkan musik atau apapun itu dengan volume rendah.

Jangan gunakan earphone saat sedang di jalan raya

Biasanya para pejalan kaki atau pengguna sepeda motor kerap menggunakan earphone saat sedang berjalan atau berkendara. Dan ini sudah pasti salah satu kebiasaan buruk, yang bisa mengakibatkan kecelakaan. Karena besar kemungkinan kita tidak bisa mendengar suara klakson mobil atau suara lainnya sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan.


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password