Ini Dia 5 Manfaat yang Bisa Didapat Dari Tertawa

Ini Dia 5 Manfaat yang Bisa Didapat Dari Tertawa 18
Tertawa secara natural bisa membuat anda lebih sehat (Shutterstock)

Bosscha.id – Setiap orang pasti pernah tertawa, tapi tak banyak dari mereka yang tahu akan manfaat dari tertawa tersebut. Beberapa dari kita masih belum tahu bahwa tertawa dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bukan hanya baik untuk kesehatan fisik, tertawa juga baik bagi kesehatan mental. Tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikit pun, kita bisa terhindar dari berbagai macam penyakit hanya dengan tertawa. Baiklah, kali ini bosscha.id akan berbagi manfaat tertawa, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Menyehatkan Jantung  

Sebagian penelitian menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan produksi oksigen di dalam peredaran darah. Ketika seseorang sedang tertawa, tubuh secara alami juga akan melepaskan hormon endorfin yang juga dikenal sebagai hormon pemberi rasa bahagia. Tertawa juga sudah terbukti dapat memberikan manfaat yang baik pada jantung, sama seperti ketika kita melakukan olahraga aerobik.

Melatih Otot Perut

Saat tertawa, otot-otot di perut mengembang dan berkontraksi, sama seperti ketika Kamu dengan sengaja melatih otot tersebut. Sementara itu, otot yang tidak bekerja saat tertawa juga akan merasa rileks. Jika Kamu malas berolahraga dan ingin mendapatkan perut yang rata, maka mungkin tertawa bisa jadi solusi alternatif untuk mendapatkan bentuk perut impian. Tapi tak cukup hanya dengan tertawa, harus diimbangi juga dengan pola makan dan olahraga yang baik.

Baca Juga:   Sejarah 12 November: Deklarasi Hari Ayah Nasional Diselenggarakan

Meredakan Stress

Memang benar tertawa adalah cara paling mudah, sebagai penghilang rasa stres. Tertawa bisa mengurangi kadar hormon kortisol yang terlepas saat kita merasa stres dan menggantinya dengan melepas hormon endorfin yang bisa membuat kita tenang dan bahagia. Jadi jika jika hari-hari kita terasa begitu berat, cobalah untuk tertawa demi menghilangkan stres dan mendapatkan manfaat kesehatan dari itu.

Mengatasi Depresi

Jika merasa depresi, sudah pasti kita pasti enggan untuk tertawa. Tapi, justru dengan bercanda dan tertawa bersama, kita tidak akan merasa kesepian dan pikiran pun cenderung menjadi lebih positif. Sebuah penelitian lain menemukan bahwa efek tertawa dapat menyamai efek obat penenang atau anti depresan bagi pengidap sakit jiwa tapi tanpa disertai efek samping obat.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi kita yang memiliki tekanan darah tinggi, tertawa adalah obat murah dan praktis untuk menormalkan tekanan darah. Tertawa bisa mengurangi risiko stroke dan serangan jantung. Bahkan, cara ini juga efektif untuk mereka yang memiliki tekanan darah normal. Jadi, cobalah mencari hal lucu di sekitar untuk mengundang tawa agar kita bisa terhindar dari risiko penyakit ini.


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password