Tips Menjaga Kesehatan Anak Pada Saat Musim Hujan

Kesehatan anak seringkali menjadi kekhawatiran orang tua saat musim hujan (shutterstock)

Bosscha.id – Pertanda musim hujan telah tiba, sudah mulai terlihat akhir-akhir ini. Ini sudah mulai terlihat dari turunnya hujan di beberapa daerah di Indonesia. Bagi beberapa orang tua, mungkin ini saat yang mengkhawatirkan. Karena biasanya anak-anak menjadi rentan sakit pada periode perubahan cuaca seperti ini.

Ada saja penyakit yang bisa mampir, mulai dari Flu, batuk, diare, hingga demam berdarah. Maka dari itu, pada fase perubahan cuaca seperti saat ini, berbagai persiapan kesehatan untuk anak menjadi sangat penting dilakukan oleh setiap orang tua.

Memang penyakit dapat terjadi atau menyerang kita kapan saja. Tapi pada saat musim hujan, munculnya penyakit-penyakit tersebut umumnya mengalami peningkatan. Itu karena penularannya akan terjadi lebih cepat jika dalam kondisi lembap karena kurangnya paparan sinar matahari.

Padahal manfaat sinar matahari itu sangat bagus bagi kesehatan tubuh, terutama pada pagi hari. Lantas bagaimana caranya untuk mencegah atau meminimalisir datangnya penyakit pada saat musim hujan?. Kali ini bosscha.id akan berbagi beberapa tips untuk Anda, agar dapat membantu menjaga kesehatan anak pada musim hujan.

Jaga Pola Waktu Istirahat Anak

Saat mulai memasuki musim penghujan, anak harus dibiasakan untuk banyak istirahat dan menjaga pola tidur. Karena pola istirahat dan tidur yang tepat dapat memulihkan stamina dan memperbaiki kekebalan tubuhnya. Hal utama yang perlu orang tua lakukan adalah membiasakan si kecil untuk tidur pada siang hari.

Hal ini akan berguna untuk mencegah anak terlalu lelah dan juga untuk menjaga kesehatan tubuh yang optimal. Jangan lupa ibu juga menjaga waktu istirahatnya saat malam hari agar ia tidak mudah sakit saat memasuki musim penghujan.

Penuhi Asupan Nutrisi

Selain pola istirahat, menjaga pola makan anak juga harus menjadi perhatian bagi orang tua. Dari mulai nutrisi yang diberikan hingga menjaga waktu makan anak. Asupan nutrisi yang kuat dapat memperkuat daya tahan tubuh anak kita. Untuk itu, sebagai orang tua kita perlu memberikan asupan yang mengandung banyak vitamin, kalsium, zat besi dan asam folat.

Baca Juga:   Dosen UI laporkan Politikus PKS ke Bareskrim Polri

Usahakan untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur saat musim hujan. Bila diperlukan, anak juga dapat diberikan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan anak agar tidak mudah sakit. Untuk disiplin dalam waktu makan anak, terapkan tiga kali waktu makan dengan porsi yang cukup bagi si kecil. Dan jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga metabolisme dalam tubuh.

Jaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan

Saat musim hujan, hal yang tak kalah penting dilakukan oleh orang tua adalah menjaga kebersihan tubuh anak dan lingkungan sekitarnya. Perhatikan genangan air pada wadah-wadah yang terkena air hujan untuk mencegah adanya nyamuk penyebab demam berdarah. Karena saat musim hujan, resiko terkena penyakit demam berdarah juga bisa dialami oleh balita.

Pastikan kondisi kebersihan tubuh si kecil selalu terjaga, banyak konsumsi air dan makanan yang bersih agar meminimalisir kontaminasi kuman dan bakteri. Ajaklah anak untuk selalu menjaga kesehatan tangan sebelum menyentuh makanan agar terhindar dari diare.

Kenakan Pakaian Berbahan Tebal

Pakaian yang dikenakan si kecil saat musim hujan, sangat berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. Jika anak memiliki banyak aktifitas di luar ruangan, sebaiknya kenakan pakaian yang tebal dan hangat pada anak agar tubuhnya lebih terlindungi dari udara yang sedang kurang bersahabat. Bila perlu, kita bisa memakaikan anak baju hangat, sarung tangan, dan kaos kaki saat keluar rumah. Saat tidur, jangan lupa juga untuk memakaikannya selimut agar tubuhnya tetap hangat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password