Sejarah 2 November: Lahirnya ‘King Of Bollywood’ Shah Rukh Khan

Shah Rukh Khan, Kajol dan Rani Mukerji sukses berperan dalam filmnya Kuch Kuch Hota Hai tahun 1998 (Dok.Istimewa)

Booscha.id – Jika bicara soal India atau Bollywood pasti kita akan langsung ingat pada industri film-nya. India memang dikenal produktif dalam pembuatan film, hingga berhasil melahirkan bintang-bintang besar. Jika bicara soal fim Bollywood kita pasti akan langsung teringat kepada aktor kawakan asala India yaitu Shah Rukh Khan.

Shah Rukh Khan merupakan salah satu aktor yang berhasil menjadi bintang besar dunia, suami dari Gauri Khan ini telah berkarier sejak remaja hingga saat ini. Setiap film yang dibintanginya laris manis di pasaran, hingga membuat segala hal tentang Ia selalu menjadi perhatian publik. Salah satu film yang berjasa membuat karirnya semakin moncer adalah kuch kuch hota hai.

Film monumental yang rilis dipenghujung tahun 90-an ini sukses besar di pasaran, hingga berhasil menaikan nama Khan ke dalam deretan aktor papan atas Bollywood. Hingga kini terhitung Khan telah membintangi lebih dari 80 film Bollywood, dan meraih sejumlah penghargaan, termasuk 14 Penghargaan Filmfare di India.

Khan memiliki jumlah penggemar yang signifikan di Asia bahkan di seluruh dunia. Dalam hal jumlah penggemar dan pemasukan, ia disebut sebagai salah satu bintang film paling sukses di dunia. Hingga berbagai media menjulukinya dengan sebutan “Baadshah of Bollywood”, “King of Bollywood” atau “King Khan”.

Khan memulai karir aktingnya dengan tampil dalam beberapa serial televisi pada akhir 1980an. Debut film Bollywoodnya dimulai pada tahun 1992 dengan film Deewana. Pada awal kariernya, Khan dikenal karena memerankan peran-peran antagonis dalam film-film Darr (1993), Baazigar (1993) dan Anjaam (1994).

Baca Juga:   Sejarah 16 September: Chrisye, Sang Lilin Kecil yang Terus Berpijar

Karir khan kemudian mulai perlahan naik dan terus melejit setelah membintangi serangkaian film drama percintaan, seperti Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Kuch Kuch Hota Hai (1998), Mohabbatain (2000) dan Kabhi Khushi Khabie Gham (2001).

Pria yang lahir pada 2 November 1965 di New Delhi ini, tumbuh dan besar di lingkungan keluarga Muslim. Ia menjalani lima tahun pertama hidupnya di Manglore, dimana kakek dari ibunya, Ifthikar Ahmed, menjabat sebagai kepala insinyur pelabuhan pada 1960an. Ayah Khan, Meer Taj Mohammed Khan, adalah seorang aktivis kemerdekaan India di Peshawar, India Britania (sekarang Pakistan).

Meskipun Khan diberi nama lahir Shahrukh Khan, ia lebih sering menulis namanya dengan sebutan Shah Rukh Khan, dan umum disebut dengan akronim SRK. Ia menikahi Gauri Chibber, seorang Hindu Punjabi, dan dikarunia tiga orang anak. Menurut Khan, meskipun ia sangat meyakini Islam, ia juga menghargai agama istrinya. Anak-anaknya mengikuti kedua agama tersebut.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password