Musim Hujan Telah Tiba, Inilah 4 Tips Memilih Jas Hujan yang Aman dan Nyaman

Musim hujan tiba, jas hujan jadi primadona di Indonesia. (Shutterstock)

Bosscha.id – Di beberapa wilayah Indonesia belakangan ini sudah mulai diguyur hujan, mungkin ini pertanda musim kemarau akan segera berakhir. Bagi sebagian orang yang menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan utamanya, itu artinya kita harus mempersiapkan kondisi si kuda besi. Agar kondisinya tetap prima selama musim penghujan datang.

Selain itu kita juga harus mempersiapkan sederet perlengkapan lain saat kita berkendara di jalan, yakni jas hujan. Memilih jas hujan yang baik untuk digunakan bukan perkara mudah. Tak hanya memperhatikan faktor kenyamanan, tapi faktor keselamatannya juga harus jadi prioritas. Nah, untuk mempersiapkan agar lebih nyaman dan aman saat berkendara di musim hujan, berikut ini bosscha.id akan berbagi empat tips memilih jas hujan yang aman digunakan di musim hujan.

Hindari penggunaan jas hujan model ponco

Jika kita perhatikan di jalan, jas hujan model ‘jubah Batman’ atau model ponco ini masih banyak digunakan para pemotor. Selain karena harganya yang murah, jas hujan model ini juga lebih praktis ketika digunakan. Padahal, menggunakan jas hujan model ini agak berbahaya. Itu sebabnya, penggunaan jas hujan model ponco sangat tidak disarankan.

Alasannya, bagian belakang jas hujan ini akan menjuntai dan mengganggu pengendara lainnya. Selain itu, model ini juga bisa melukai diri sendiri jika pengendara tak sadar bahwa jas hujan yang digunakan masuk ke jeruji roda atau bahkan jika kita melaju dengan kecepatan tinggi, jas hujan model ini bisa tersangkut ke setang pengendara motor lain dari arah yang berlawanan.

Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk menggunakna jas hujan dengan model two piece atau setelan, yakni ada bagian atas dan bawah. Selain lebih nyaman, jas hujan model two piece ini juga lebih aman digunakan.

Pilih jas hujan berwarna terang

Salah satu masalah bagi para pengendara saat musim hujan adalah berkurangnya visibilitas saat berkendara. menggunakan sepeda motor di tengah guyuran hujan lebat, mau tidak mau, pandangan kita dan pengendara lainnya akan sedikit terganggu.

Baca Juga:   Densus 88 Dilibatkan Ungkap Kasus Penusukan Terhadap Syekh Ali Jaber

Maka dari itu, sangat disarankan bagi kita untuk menggunakan jas hujan two piece dengan warna yang terang. Seperti merah, orange, kuning atau warna terang lainnya. Menggunakan jas hujan dengan warna yang terang bertujuan untuk memudahkan pengendara di belakang atau yang datang dari arah berlawanan bisa melihat kita saat berkendara di bawah guyuran hujan lebat.

Pilih jas hujan berbahan PVC

Memilih bahan jas hujan juga tak kalah pentingnya, sebelum kita berkendara di musim hujan. Itu berguna agar badan kita tetap kering ketika berkendara saat hujan. Dirangkum dari berbagai sumber, banyak yang menyarankan untuk membeli jas hujan dari bahan PVC (polyvinyl chloride).

Sebab, jas hujan berbahan PVC lebih kedap air dibandingkan dengan jas hujan yang terbuat dari bahan plastik atau parasut. Namun kekurangannya, jas hujan berbahan PVC lebih berat dan lebih mahal dibanding jas hujan berbahan plastik atau parasut.

Tak hanya soal bahan, kita juga wajib memperhatikan resleting yang digunakan. Sebisa mungkin, gunakan jas hujan yang menggunakan resleting berbahan tembaga atau kuningan. Sebab, bahan-bahan tersebut dinilai lebih awet jika dibandingkan dengan resleting berbahan plastik yang mudah lepas atau besi yang gampang berkarat.

Jangan pilih jas hujan model jahit                  

Selain warna dan bahan yang digunakan, kita juga wajib memperhatikan bagaimana proses pembuatan jas hujan tersebut. Sebelum membeli, perhatikan sambungan dari tiap bagiannya. Sebisa mungkin, hindari pemilihan jas hujan yang sambungan tiap bagiannya dijahit. Sebab, hal tersebut akan membuat air hujan rembes dan membasahi pakaian kita. Sebaiknya, pilih jas hujan yang proses pembuatannya di-’press’ untuk menghindari hal tersebut.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password