5 Tips Nyaman Liburan Selama Musim Penghujan, No 2 Bisa Jadi Pilihan Paling Tepat

Jangan sampai liburan keluarga jadi gagal karena tidak memperkirakan cuaca (shutterstock)

Bosscha.id – Pertanda akan datangnya musim hujan sudah terlihat akhir-akhir ini, di beberapa wilayah curah hujan sudah mulai meningkat. Hal ini biasanya menjadikan kita malas untuk bepergian keluar rumah. Namun perubahan cuaca jangan jadi alasan untuk melewatkan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Karena menjaga momen kebersamaan bersama keluarga apalagi si buah hati harus tetap terjadi agar keluarga tak kehilangan momen kebersamaan bersama kita. Tak bisa dipungkiri kalau kebersamaan bersama keluarga adalah obat terbaik untuk menjaga hubungan emosional antar anggota keluarga.

Lantas bagaimana jika musim hujan datang, apakah kita harus menunda liburan bersama keluarga?. Tak perlu khawatir, hujan bukanlah kendala untuk tetap pergi berlibur bersama keluarga. Banyak cara dan destinasi liburan keluarga yang aman dan nyaman dilakukan saat musim hujan. Dan berikut ini bosscha.id sudah merangkum 5 tipsnya untuk Anda.

Pilih tempat wisata indoor

Dibanding musim kemarau, pilihan lokasi untuk berlibur di musim hujan memang lebih terbatas. Mengunjungi tempat wisata yang berkaitan dengan alam seperti pantai, gunung, kawasan air terjun, atau tempat rawan bencana lainnya, sebaiknya dihindari, apalagi jika Anda ingin berlibur bersama keluarga.

Destinasi liburan keluarga yang cocok dikunjungi saat musim hujan adalah tempat wisata Indoor, seperti mengunjungi musuem, galeri, wisata kuliner atau mengikuti kelas membuat kerajinan bisa jadi pilihan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan di kala musim hujan. Apalagi, saat ini begitu banyak tempat wisata indoor Instagramable yang membebaskan pengunjung untuk puas berswafoto. 

Staycation bersama keluarga

Kalau bosan berdiam di rumah tapi enggan untuk pergi ke tempat wisata, staycation bisa jadi pilihan. ajak keluarga untuk menginap di sebuah hotel yang letaknya tak terlalu jauh dari area tempat kita tinggal. Konsep staycation sendiri memang hanya berupa liburan dalam kota. Disingkat dari kata ‘stay’ (tetap) dan ‘vacation’ (liburan), staycation bisa jadi alternatif kegiatan liburan aman dan nyaman di akhir pekan selama musim hujan.

Agar staycation tak membosankan dan berjalan seru, pilihlah hotel atau penginapan yang menyediakan fasilitas menarik, seperti kolam renang, gym, dan playground untuk anak-anak. Saat staycation berlangsung, lakukan kegiatan yang dapat membuat momen liburan berjalan menyenangkan, misalnya marathon film, memesan makanan dari luar, pesta kostum, atau bermain board games.  

Wisata kuliner yang menghangatkan badan

Di musim hujan seperti sekarang ini memang paling enak untuk wisata kuliner yang dapat menghangatkan badan. Untuk pilihan tempatnya kita bisa lakukan survey terlbeih dahulu di Internet, agar kita tahu dulu seberapa nyaman kah tempat wisata kuliner yang akan kita kunjungi.

Kuliner berkuah panas dan kopi panas rasanya menjadi santapan yang pas untuk menemani Anda. Tentu, kuah makanan atau kopi yang panas bisa menghangatkan tubuh Anda pada musim hujan. Di setiap daerah tentu menyediakan gerai-gerai hidangan berkuah yang siap mengisi perut Anda saat musim hujan datang. Mulai dari bakso kuah, varian soto. Selain kopi minuman-minuman penghangat seperti jahe siap menemani santapan Anda dan tentunya menghangatkan tubuh Anda.

Perhatikan pakaian saat liburan

Pada musim hujan, suhu pasti akan lebih dingin. Persiapkan pakaian yang dapat membuat hangat seperti jaket tebal ataupun sweater. Persiapkan juga baju ganti sebagai alternatif jika Anda kehujanan. Ada baiknya jika Anda selalu sediakan sandal karena pemakaian sandal sangat disarankan di musim hujan. Yang terpenting jangan lupa persiapkan payung dan kantong plastik di tas Anda untuk menampung semua baju-baju basah Anda.

Cek perkiraan cuaca

Ada baiknya kita mengecek perkiraan cuaca paling tidak sehari sebelum pergi berwisata atau liburan. Selain bisa melakukan persiapan yang tepat, Anda juga bisa merencanakan tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi. Anda bisa mengecek prakiraan cuaca di website resmi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Meski dianggap sepele, namun hal ini akan sangat membantu kita dalam memilih waktu dan tujuan wisata.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password