Bandung Barat Masih Kekurangan PJU

Kabupaten Bandung Barat masih kekurangan penerangan jalan umum (PJU)/Bosscha.id

Bosscha.id– Sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat hingga kini masih minim penerangan jalan umum (PJU). Dari kebutuhan sebanyak 94.565 titik cahaya, saat ini baru terpenuhi 5 persen atau sekitar 5.000 titik cahaya.

Kepala Bidang Teknik dan Prasarana pada Dinas Perhubungan KBB Fauzan mengungkapkan, setelah dilakukan survei dan monitoring kebutuhan PJU tersebut terdiri atas sekitar 12.000 titik cahaya di jalan kabupaten dan sisanya di jalan-jalan desa.

“Memang kalau melihat dari segi kebutuhan, itu masih jauh sekali. Namun, kami terus upayakan untuk ada penambahan secara bertahap,” katanya, Senin (28/10/2019).

Bandung Barat akan menambah PJU untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di sejumlah titik jalan yang minim penerangan/Bosscha.id

Menurut Fauzan, Pemkab Bandung Barat berencana menambah jumlah PJU. Langkah ini guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk titik jalan yang masih minim penerangan.

“Untuk memenuhi kebutuhan PJU di sejumlah titik, kami mengajukan anggaran baik dari pemerintah daerah, provinsi, pusat, hingga bantuan dari perusahaan melalui program corporate social responsibility. Setiap tahun pun, selalu ada penambahan titik cahaya baru termasuk anggaran untuk pemeliharaan,” ungkapnya.

Mernurut Fauzan, tahun ini, pemerintah daerah telah menambah 540 titik cahaya baru, tersebar di beberapa kecamatan. Namun sebagian besar PJU tersebut dipasang di wilayah selatan, mulai dari Kecamatan Cihampelas, Cililin, Copongkor, Gununghalu, hingga Rongga.

Baca Juga:   Hore, Paket Bansos Beras Tahap 2 di KBB Mulai Disalurkan Hari Ini

“Kalau anggaran dari pusat, juga sudah ada untuk pemasangan 48 titik cahaya baru di jalan nasional, seperti di Cipeundeuy dan Batujajar berupa PJU solar cell maupun listrik,” ujarnya.

Fauzan menambahkan, mulai tahun ini juga ada penambahan total  1.000 PJU yang dipasang secara bertahap selama lima tahun ke depan. Sejumlah PJU tersebut dipasang di titik-titik keramaian orang, seperti masjid dan gang di permukiman warga.

“Tahun depan, kami juga ajukan penambahan PJU ke kementerian. Meskipun memang masih jauh dari kebutuhan, pemasangan PJU baru ini terus kami upayakan,” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password