Lelang Jabatan di KBB: Kursi Kepala DPPKBP3A Jadi Rebutan

Jabatan kepala DPPKBP3A paling diminati dalam sleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di KBB./Bosscha.id

Bosscha.id– Posisi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) paling diminati dalam seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama, di Kabupaten Bandung Barat. Dari tujuh seleksi jabatan pimpinan pratama yang dilelang, jabatan kepala DPPKBP3A diminati oleh sebanyak sepuluh peserta.

“Dari semua dinas, jumlah peserta paling banyak ada di dinas DPPKBP3A. Secara total jumlahnya mencapai sepuluh orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Asep Ilyas didampingi Kabid Pengembangan Karir, Agnes Virganty Senin (14/10/2019).

Menurut Agnes, seleksi ini dilakukan atas dasar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS), Adapun dengan banyaknya peserta yang mengikuti proses seleksi terbuka jabatan pimpinan tertinggi seperti halnya di jabatan kepala DPPKBP3A, maka proses uji kompetensi pun akan lebih menarik.

“Banyaknya peserta, jelas proses seleksi jabatan akan lebih kompetitif lagi,” ujar Agnes.

Rebutan jabatan Kerala dinas dan staf ahli di KBB/Bosscha.id

Meski demikian, Agnes mengatakan, bahwa BKPSDM memperpanjang pendaftaran seleksi terbuka jabatan untuk posisi jabatan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) selama 1 minggu yang akan berakhir pada Rabu (16/10/2019). Hal itu dikarenakan para calon pendaftar tak memenuhi persyaratan yang sudah diatur.

“Sesuai dengan aturan, syarat pendaftar untuk jabatan pimpinan tinggi pratama minimal ada 4 orang (di satu dinas), sementara sekarang tinggal 2 orang yang tersisa dan 2 orang lagi gugur karena persoalan administrasi. Misalnya usia saat pelantikan maksimal 56 tahun, sudah mengikuti Diklatpim III dan harus pernah atau sedang menjabat administrator selama empat tahun,” ungkapnya.

Oleh karena itu menurut Agnes saat ini BKPSDM terus melakukan sosialisasi untuk seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di Disperindag.

Baca Juga:   Bupati Aa Umbara: Budaya dan Kearifan Lokal Perlu Dilestarikan

“Kami juga baru menerima sudah ada 1 pendaftar baru dan nanti akan kami cek berkasnya, sehingga kami optimis pada batas akhir bisa menjadi 4 orang pendaftar,” katanya.

Agnes juga menyebutkan, lima seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama lainnya saat ini berjalan lancar tanpa ada hambatan jumlah pendaftar. Mulai dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) ada 4 orang pendaftar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berjumlah 6 orang pendaftar.

Selanjutnya, untuk posisi jabatan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik sebanyak 5 orang pendaftar. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM sebanyak 6 orang pendaftar dan terakhir Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan sebanyak 6 orang pendaftar.

“Dari semua, 7 seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama yang kami buka, hanya posisi di Disperindag saja yang kami perpanjang pendaftarannya,” katanya.

Lebih lanjut Agnes menambahkan, rangkaian seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama akan melalui beberapa tahapan. Pada 21-22 nanti, akan dilakukan assessment untuk kompetensi peserta berupa wawancara dan tes tertulis dari tim panitia seleksi (pansel) yang berjumlah lima orang anggota terdiri dari Sekda KBB, Inspektorat dan perguruan tinggi.

“Setelah selesai rangkaian seleksi, rencananya pada pertengahan November nanti, akan dijadwalkan untuk pelantikan bagi yang terpilih (7 jabatan pimpinan tinggi pratama),” katanya.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password